Respon Masukan Warga, Wali Kota Ibnu Sina Pimpin Langsung Penyedotan Air Banjir | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Selasa, 19 Januari 2021

Respon Masukan Warga, Wali Kota Ibnu Sina Pimpin Langsung Penyedotan Air Banjir

BERITABANJARMASIN.COM - Berbagai upaya dilakukan secara kolaborasi antar instansi bahkan turut melibatkan masyarakat untuk menanggulangi banjir di Kota Banjarmasin. Terbaru upaya penyedotan air serta normalisasi pun dilakukan pada Selasa (19/1/2021).

Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) melibatkan sejumlah Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) swasta melakukan penanggulangan bencana banjir di jantung kota berjuluk Seribu Sungai itu.

Upaya yang dilakukan seperti menyedot genangan air di kawasan Jalan Veteran tepat di titik Sungai Veteran kemudian dialirkan dan dibuang menuju Sungai Martapura yang secara kuantitas penampungan debit air lebih besar.

Upaya penyedotan itu dipimpin langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Satpol PP Damkar Kota Banjarmasin, Fahrurrazi, penyedotan digelar tepat di Siring Piere Tendean dengan sedikitnya mengandalkan 6 pompa mesin.

Selain melakukan penyedotan, pada jarak yang tak begitu jauh yakni di Pasar Kuripan, turut digelar rangkaian upaya normalisasi sungai, dimana bangunan-bangunan yang menghambat aliran sungai dirobohkan secara gotong royong oleh personel Satpol PP.

Kedua upaya tersebut dilakukan demi menanggulangi banjir yang beberapa hari terakhir menggenangi di ruas Jalan Kuripan dan Veteran, Kecamatan Banjarmasin Timur, "mulai tadi malam kita mencoba menormalisasi saluran yang ada di kawasan Pasar Kuripan supaya lancar aliran sungainya," singkat H Ibnu Sina.

Sementara itu, pada giat tersebut turut hadir Arifin Noor yang terjun langsung melakukan penyedotan di Jalan Veteran yang kemudian dibuang ke sungai Martapura.

Mantan Kadis PUPR Kota Banjarmasin ini mengatakan upaya tersebut merupakan salah satu opsi yang tepat dalam menanggulangi banjir, agar tidak terjadi endapan air di aliran di Jalan Veteran, Aes Nasution dan sekitarnya.

"Mudah mudahan air bisa secepatnya surut," harapnya. (adv/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only