Bersih Tanpa Politik Uang, Dewan Banjarmasin Apresiasi Pelaksanaan Pilkada 2020 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 13 Desember 2020

Bersih Tanpa Politik Uang, Dewan Banjarmasin Apresiasi Pelaksanaan Pilkada 2020

BERITABANJARMASIN.COM - Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali mengapresiasi pelaksanaan Pilkada 2020  berjalan lancar dan bersih tanpa adanya laporan politik uang.

"Kami mengapresiasi pilkada tahun ini berjalan lancar, aman dan tertib tanpa adanya politik uang," ujarnya usai melakukan monitoring perhitungan suara di Kecamatan Banjarmasin Tengah, Sabtu (12/12/2020).

Matnor mengatakan tidak terjadinya transaksional politik uang di pilkada tahun ini menjadikan hasil suara tersebut murni dari pilihan masyarakat sehingga didapatkan benar-benar pemimpin berkualitas untuk memimpin Kota Banjarmasin. 

Dirinya menilai pemilih yang telah memberikan hak suara di TPS pada 9 Desember lalu adalah mereka yang bertanggung jawab menggunakan suaranya tanpa adanya imbalan apapun.

"Masyarakat yang memberikan hak pilihnya, mereka pemilih yang cerdas sehingga sadar betul untuk menggunakan suara tanpa adanya imbalan apapun," terangnya.

Pola pikir masyarakat ini lanjut Matnor perlu dijaga dan dikembangkan di tengah-tengah masyarakat sehingga partisipasi pemilih dapat meningkat dan politik uang yang sudah mengakar dan membudaya dapat dihilangkan. Dirinya berharap pola pikir baik ini dapat terus berjalan hingga pada pemilu 2024 mendatang.

Sebagaimana diketahui, angka partisipasi pemilih di Kota Banjarmasin hanya berkisaran 50-65 persen jauh dari harapan yang ditargetkan sebesar 79 persen. Merosotnya angka ini dinilai berkaitan erat dengan suasana pelaksanaan pilkada yang masih di masa pandemi dan cuaca yang tidak mendukung.

Meskipun begitu, hal lainnya juga dinilai berkaitan dengan lingkaran politik uang yang tidak terjadi di masyarakat. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only