Kepala Disdag Kalsel: Banggalah Membeli Produk UMKM Lokal | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Kamis, 12 November 2020

Kepala Disdag Kalsel: Banggalah Membeli Produk UMKM Lokal

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Perdagangan (Disdag) Kalimantan Selatan sosialisasikan kegiatan Aku Bangga Produk Indonesia", Rabu (11/11/2020) di Hotel Zuri Exspress, Banjarmasin.

Kegiatan ini menyasar masyarakat baik ASN/Swasta, pelaku UMKM, mahasiswa, pelajar dan pengajar Sekolah Dasar yang berjumlah 40 orang.

"Karena pasar dalam negeri itu sangat potensial, jumlah UKM kita banyak, bahkan orang asing pun melirik pasar Indonesia," ucap Birhasani kepada Beritabanjarmasin.com.

Birhasani mengatakan masyarakat harus bangga memakai, membeli dan menggunakan produk negerinya sendiri, karena dengan begitu kita sudah mempromosikan produk dalam negeri.

"Produk UMKM kita sebenarnya kualitasnya tidak kalah. Apalagi sudah banyak yang ber standar nasional Indonesia," ujar dia.

Yang mana produk UMKM Indonesia yang ber standar nasional Indonesia (SNI) sudah diakui secara Internasional, sehingga  dari segi kualitas tidak kalah dari luar negeri.

Birhasani menambahkan menanamkan cinta produk Indonesia kepada masyarakat sangat penting. Namun, di sisi lain para pelaku UMKM harus mampu memanfaatkan peluang pasar di dalam negeri.

"Ini yang perlu kita dorong, agar memanfaatkan pasar online dengan sebaik-baiknya. Potensi dalam negeri ini sangat besar sekali," terangnya.

Dikatakannya, ada sekitar 160 juta lebih dari penduduk Indonesia memiliki smartphone, dan aktif bermain sosial media seperti whatsapp, facebook, youtube dan marketplace menjadi salah satu yang di gemari.

Menurutnya  pelaku UMKM dituntut untuk lebih kreatif dengan membuat produk-produk yang bisa bersaing dengan produk luar negeri, sehingga dapat menjadi alternatif bagi konsumen untuk membeli produk dalam negeri.

Salah satunya yaitu dengan selalu menjaga kualitas agar tidak kalah dengan produk luar negeri.

"Ini yang harus kita jaga. Kita tidak bisa membendung seseorang membeli produk luar negeri. Apabila produk dalam negeri tidak tersedia dengan kualitas yang sama," tutupnya. (fitri/puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only