Besok KPU Banjarmasin Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 20 November 2020

Besok KPU Banjarmasin Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

BERITABANJARMASIN.COM - Menjelang Pilkada 2020, KPU Kota Banjarmasin menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara besok (21/11/2020).

Komisioner KPU Banjarmasin, M Syafrudin Akbar menerangkan simulasi tersebut akan dilakukan di TPS 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara. Tepatnya di halaman Gedung Sultan Suriansyah. "Simulasi akan diikuti 250," terangnya, Jumat (20/11/2020).

Ia mengukapkan para pemilih yang nantinya akan melakukan simulasi tersebut, merupakan petugas KPPS yang sudah menjalani rapid test.

Hal itu untuk mengetahui pembagian waktu saat pemungutan sampai dengan penghitungan hasil surat suara di TPS dengan menggunakan aplikasi 'Si Rekap'. "Dengan maksimal 500 orang pemilih," imbuhnya.

Terlebih kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini tengah mewabah, memaksa masyarakat menghadapi pilkada dengan mewajibkan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

"Kami berharap dengan memakai aplikasi Si Rekap saat simulasi nanti bisa memudahkan petugas TPS memasukkan hasil pemungutan suara," urainya. 

Diuraikannya, petugas KPPS tetap menghitung secara manual terlebih dahulu, kemudian hasilnya akan dimasukkan ke dalam aplikasi.

"Jadi aplikasi Si Rekap ini akan menampung seluruh hasil pemungutan suara di seluruh Kota Banjarmasin," tambahnya.

Simulasi tersebut juga sebagai uji coba keakuratan aplikasi Si Rekap, dalam penghitungan surat suara yang rencananya akan digunakan pada pemilu 2024 mendatang. (arum/sip)

foto ilustrasi: idntimes.

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only