Semangka Semakin Murah di Kalsel, Diprediksi Naik Bulan Depan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 21 Oktober 2020

Semangka Semakin Murah di Kalsel, Diprediksi Naik Bulan Depan

BERITABANJARMASIN.COM - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel, Suparno pastikan harga 11 komoditas pangan stabil, ketersediaanya mencukupi hingga tiga bulan kedepan.

"Pangan itu bukannya sayuran aja, ada 300 lebih jenis pangan tetapi yang jelas yang kita pantau terus 11 komoditas pangan," ungkapnya (20/10/2020).

Komoditas utama tersebut diantaranya bawang merah, bawang putih, cabai, cabai rawit, telur, minyak goreng dan jagung.

Sementara itu, terjadi penurunan harga pada tanaman holtikultura yakni buah semangka lantaran ketersediaan yang melimpah. "Memang setiap tahun akan terjadi seperti ini terus, karena masyarakat tanam bersamaan," katanya.

Bahkan menurut pantauannya harga semangka dari petani hanya Rp500 per kilogramnya.

Namun ia memastikan tidak sampai satu bulan kedepan harga jual buah semangka akan kembali naik. "Jadi jangan khawatir insya Allah tidak sampai sebulan harga akan naik lebih baik," ujarnya

Untuk mengatasi permasalahan tersebut Pemprov Kalsel sudah memberikan surat kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kalsel untuk membeli hasil panen petani. "Kita bantu petani membeli dengan harga standar. Jangan sampai harga turun," tuturnya.

Pemprov Kalsel juga akan terus mengawal agar para petani di Kalsel tidak terpapar Covid-19.

"Jadi, kita jaga dan kawal. Ini tugas berat pemprov. Kita semua mengawal jangan sampai kebutuhan pangan minus," tandasnya. (fitri/puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only