Kemenkes Siap Bantu Pemkot Banjarmasin Percepat Penanganan Covid-19 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Minggu, 04 Oktober 2020

Kemenkes Siap Bantu Pemkot Banjarmasin Percepat Penanganan Covid-19

BERITABANJARMASIN.COM – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI siap sediakan Sumber Daya Manusia (SDM) utnuk mendukung Pemerintah Kota Banjarmasin dalam upaya percepatan penanggulangan pandemi Covid-19 yang sampai hari ini (4/10/2020) belum usai.

Hal tersebut disampaikan Tim Kementerian Kesehatan RI, melalui Subdirektorat Surveilans Kementerian Kesehatan RI, dalam kunjungan kerja yang dipimpin Kepala Subdirektorat Surveilans Kementerian Kesehatan RI, Endang Burni Prasetyowati.

Salah satu faktor kesediaan Kemenkes RI membantu Pemkot Banjarmasin dalam hal penyediaan SDM, karena melihat kerja keras yang dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin dan Provinsi Kalimantan Selatan dalam menekan kasus Covid-19. 

“Dari sisi jumlah kasusnya, beberapa minggu terakhir ini sudah menurun sekali, sehingga Menteri Kesehatan juga memberikan apresiasi terhadap upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, termasuk Kota Banjarmasin,” katanya.

Meskipun demikian, lanjutnya, pemerintah daerah tetap harus meningkatkan kegiatan yang bertujuan untuk memutus penularan Covid-19, seperti melakukan kegiatan suveilans yang berkualitas dan meningkatkan upaya penyuluhan atau pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu, Plt Walikota Banjarmasin H Hermansyah bertekad dalam waktu dekat ini diharapkan Kota Banjarmasin tidak ada lagi zona merah, karena sampai hari ini Kota Banjarmasin masih menyisakan satu kelurahan yang masih zona merah. 

Hermansyah juga mengatakan, bahwa ada dua hal yang ditanamkan untuk mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19 di Kota Banjarmasin. “Kita tanamkan dua hal kepada mereka, pertama, yang sembuh kita lakukan penegakkan disiplin protokol kesehatan, kemudian yang kedua, yang sakit kita obati, kemudian kita edukasi yang isolasi dan karantina,” pungkasnya.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan d Ruang Rapat Berintegrasi, Balai Kota Banjarmasin itu, turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Syahriani dan Kasi Pelayanan dan Rujukan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Farida. (dokpim-bjm)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only