Kawasan Makam Sultan Suriansyah Kembali Dibuka Besok | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Kamis, 13 Agustus 2020

Kawasan Makam Sultan Suriansyah Kembali Dibuka Besok

BERITABANJARMASIN.COM - Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdako Banjarmasin, Doyo Pujadi menyampaikan bahwa besok (14/8/2020) kawasan Makam Sultan Suriansyah akan dibuka.

Dibukanya kembali cagar budaya itu menurut Doyo sesuai hasil rapat terakhir, bersama aparat penegak hukum dan kelurahan, yang juga diketahui oleh kedua belah pihak pengelola.

"Besok (14/08) jam 09.00 WITA rencananya kawasan makam Sultan Suriansyah kita buka," bebernya, Kamis (13/8/2020).

Doyo, menerangkan pihaknya terus lakukan pemantauan, agar tidak terburu buru dan melihat situasi antara kedua belah pihak pengelola yang berkonflik sebelum dilakukannya pembukaan kawasan Makam tersebut.

Berdasarkan hasil rapat itu juga jelasnya lagi  Pemkot Banjarmasin akan mengambil alih sementara pengelolaan makam, sampai kedua belah pihak yang berseteru bisa menujukan bukti pengelolaan yang sah.

"Hingga ada tawaran dari kedua belah pihak pengelolaannya dilakukan secara bergantian," jelasnya.

Misalnya pihak pertama mengelola satu pekan, kemudia sepekan selanjutnya dikelola pihak kedua. Usulan itu menurut Doyo akan dipertimbangkan kembali bersama tim, setelah makam resmi dibuka besok.

"Untuk sementara pemkot dulu yang mengelola, kira-kira sepekan kedepan," imbuhnya.

Untuk diketahui, sejak munculnya polemik terkait kepengurusan atau pengelola, lingkungan makam Sultan Suriansyah yang berlokasi di Jalan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Sampai dilakukan penutupan sementara, yang sudah berlangsung sekitar beberapa bulan lalu.

Membuat para peziarah yang biasanya mengunjungi makam Raja Banjar itu pun, tidak bisa masuk hingga melakukan doa di luar pagar. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only