Emas Pendorong Inflasi di Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Rabu, 12 Agustus 2020

Emas Pendorong Inflasi di Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Perhiasan (emas) menjadi salah satu komoditas pendorong Inflasi di Kalsel pada Juli 2020.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalsel Bulan Agustus ini merilis perkembangan terkini ekonomi Kalsel.

Kalsel pada Juli 2020 mengalami deflasi sebesar 0,27% (mtm), inflasi 0,03% (ytd) dan 0,9% (yoy), lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya. 

Sedangkan Kalimantan mengalami deflasi sebesar 0,10% (mtm), inflasi 0,86% (ytd) dan 1,12% (yoy). Secara nasional, deflasi pada Juli 2020 sebesar 0,10% (mtm), inflasi 0,98% (ytd) dan 1,54% (yoy).

Pada Juli 2020, deflasi bersumber dari seluruh kota penghitung inflas iyaitu Kota Banjarmasin deflasi sebesar 0,28% (mtm), Kota Tanjung deflasi sebesar 0,08% (mtm), dan Kotabaru deflasi sebesar 0,37% (mtm).

Berdasarkan kelompoknya, deflasi Kalsel terutama bersumber dari kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 1,28% (mtm), diikuti kelompok pendidikan sebesar 0,5% (mtm) serta kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,15% (mtm).

Berdasarkan komoditas pendorong inflasi, bersumber dari telur ayam ras, emas perhiasan, ikan peda, angkutan udara dan sekolah menengah. 

Adapun komoditas yang menahan inflasi andil terbesar adalah bawang merah, ikan gabus, bawang putih, gula pasir dan cabai rawit.

Pencapaian inflasi Kalsel sampai dengan bulan Juli tersebut dan secara keseluruhan tahun 2020 diprakirakan lebih rendah dibanding sasaran inflasi nasional 2020 sebesar 3,0±1%.  

Kepala Perwakilan BI Prov. Kalsel Amanlison Sembiring mengatakan ekonomi Kalsel triwulan II 2020 terkontraksi -2,61% (yoy), lebih rendah dibanding triwulan sebelumnya yang tumbuh 4,18% (yoy). 

Dari sisi permintaan, kontraksi perekonomian didorong oleh kontraksi konsumsi pemerintah, impor dan konsumsi RT. 

Dari sisi sektoral, kontraksi perekonomian bersumber dari kontraksi kinerja pertambangan dan penggalian, industri pengolahan dan pertanian. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only