Kota Banjarmasin Jadi Pioneer RDTR Skala 1:5.000 di Indonesia | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 30 Juli 2020

Kota Banjarmasin Jadi Pioneer RDTR Skala 1:5.000 di Indonesia

BERITABANJARMASIN.COM - Penataan rencana tata ruang wilayah (RTRW) terus dilakukan Pemkot Banjarmasin dengan menyasar 52 kelurahan di lima kecamatan se-Kota Banjarmasin.

Bahkan Banjarmasin menjadi pioneer yang hanya ada satu-satunya di Indonesia dalam pembuatan rencana detail tata ruang (RDTR) dengan skala peta 1:5.000.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang PUPR Banjarmasin, Arifin Noor menjelaskan, RDTR menjadi acuan yang lebih detail dalam penzonasian suatu kawasan sesuai peruntukannya. 

"Jadi ini lebih detail lagi," ujarnya usai membuka Expose Laporan Pendahuluan Penyusunan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan Koridor Jalan Pangeran Hidayatullah dan Belitung, Rabu (29/7/2020).

Arifin menguraikan pembuatan RDTR ini bukan tanpa alasan, sebab ini merupakan bagian dari revisi Peraturan Daerah (Perda) rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kota Banjarmasin 2020-2040 yang bakal segera dilakukan dalam waktu dekat

Dalam revisi Perda RTRW Kota Banjarmasin memang diatur terkait zonasi wilayah sesuai peruntukannya. Zonasi ini dibagi menjadi beberapa kawasan seperti industri, perumahan, perdagangan, ekonomi, dan pariwisata. 

Tujuan penzonasian tak lain untuk menentukan peruntukan suatu wilayah agar penataan kota yang dilakukan bisa terarah. "Contoh di Jalan Pangeran Hidayatullah Tinggi bangunan maksimal berapa, jangan sampai ada yang jomplang. Sampai 40 meter misal," jelasnya.

Ia membeberkan, banyak tahapan yang harus dilakukan terkait rencana revisi Perda RTRW yang segara dilakukan.  "Jumlahnya ada 20 tahapan, dan saat ini sudah memasuki tahap ke-18," tambahya.

Tahapan yang harus dilalui sebelum nantinya dibahas oleh Panitia Khusus (Pansus) di DPRD Kota Banjarmasin dan disahkan sebagai Perda baru yakni meminta persetujuan Pemerintah Provinsi Kalsel untuk selanjutnya didaftarkan ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner