Kolaborasi 7 SKPD, Wirausahawan Binaan Pemkot Banjarmasin Bertambah | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 05 Juli 2020

Kolaborasi 7 SKPD, Wirausahawan Binaan Pemkot Banjarmasin Bertambah

BERITABANJARMASIN.COM - Target pencapaian program Wira Usaha Baru (WUB) di Kota Banjarmasin bertambah. 

Penambahan kuota UMKM binaan Pemkot Banjarmasin ini dikatakan langsung oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, saat memberikan materi dalam kegiatan Podcast Yayasan Pecinta Sasirangan (YPS Talk) secara daring.

Menurut, sejak awal tahun 2020 tadi, WUB binaan Pemkot Banjarmasin yang awalnya 2.500 selama lima tahun, menjadi 2.746 WUB. Hal ini dikarenakan ada 155 WUB yang ikut bergabung dengan 7 SKPD pelaksana pembinaan para wira usahawan baru itu. 

“Jadi diawal tahun 2020 tadi 7 SKPD itu sudah merekrut berbagai macam Wira Usaha Baru, kemudian ada lagi 155 UMKM yang ikut bergabung, sehingga totalnya menjadi 2746,” ucap H Ibnu Sina, Sabtu (4/7/2020).

Dijelaskannya, program pembinaan WUB berbasis UMKM ini telah dilaksanakan Pemkot Banjarmasin sejak tahun 2016 lalu, dimana di tahun tersebut hanya terkumpul sekira 239 WUB.

Setelah dilakukan pembenahan, di tahun 2017 jumlah target WUB binaan ditambah menjadi 792 pertahun.

Mengingat masih memungkinkan untuk dilakukan penambahan target, di tahun 2018 Pemkot Banjarmasin kembali memperbesar target WUB yang bisa dibina menjadi 805 WUB. 

Setelah dua kali berhasil mencapai target yang diinginkan, penambahan target binaan yang harus dilakukan 7 SKPD kembali diperbesar menjadi 710 WUB di tahun 2019. 

Mengingat sudah mendekat target final yakni 2.500 WUB di tahun kelima, maka di tahun 2020 ini Pemko Banjarmasin hanya menargetkan sebanyak 710 WUB saja.

Dalam kegiatan yang diikuti Ketua Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah itu, orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini menjelaskan ada 3 aspek yang tercantum dalam visi misi Banjarmasin Baiman, salah satunya adalah terkait dengan melahirkan 2500 Wirausaha Baru berbasis UMKM, sebagai upaya mengembalikan denyut perekonomian Kota Banjarmasin yang dikenal sebagai kota perdagangan dan jasa. (arum/adv/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only