Kemenkumham CorpU Disosialisasikan untuk Insan Pengayoman se-Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Rabu, 22 Juli 2020

Kemenkumham CorpU Disosialisasikan untuk Insan Pengayoman se-Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalsel menggelar Sosialisasi Penguatan Tugas dan Fungsi serta Kemenkumham Corporate University (CorpU) kepada Satuan Kerja di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Kalsel.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di salah satu Hotel di Banjarmasin itu menghadirkan dua orang narasumber pimpinan Unit Eselon I Kementerian Hukum dan HAM, yakni Sekretaris Jenderal dan Kepala BPSDM Hukum dan HAM.

Kepala Kantor Wilayah, Agus Toyib dalam pengantarnya menghaturkan rasa terima kasih kepada Sekretaris Jenderal, Bambang Rantam Sariwanto atas kesediaannya untuk menyampaikan materi dan penguatan Tugas dan Fungsi Kantor Wilayah dan jajaran secara virtual dan Kepala BPSDM Kemenkumham, Asep Kurnia yang berhadir langsung di Kanwil Kemenkumham Kalsel saat kondisi pandemi Covid-19. Kakanwil menyebutkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan performa kinerja Kantor Wilayah.

Terkait tugas dan fungsi Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto menyampaikan pengarahan sekaligus membuka acara secara resmi melalui media daring atau video conference. Dalam arahannya Sekjen Kemenkumham ini mengingatkan bahwa di masa pandemi Covid-19 seluruh jajaran diharapkan agar tetap menjaga protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

"Tugas dan fungsi menjadi bagian penting dalam organisasi, dan pengembangan SDM menjadi bagian yang tidak terputus dan hal ini penting bagi kita. Bagaimana manajemen sebagai staf dan disitu ada pengembangan diri untuk meningkatkan prestasi guna meningkatkan pelayanan, kerja keras, kerja cerdas, dan bekerja ikhlas," ucapnya.

"CorpU menjadi bagian penting bagi kita semua, satukan langkah untuk menunjukan kinerja untuk pelayanan dan tusi sangat luar biasa," Bambang Rantam menegaskan.

Dalam arahannya, satu hal yang sangat disoroti oleh Sekjen Kemenkumham, Bambang Rantam, yakni terkait ‘pengembangan yang berkelanjutan’. Ini menjadi suatu hal yang penting, semua harus berkelanjutan, begitu pula pengembangan diri terkait implementasi berkelanjutan. 

Konsep berkelanjutan ini diiringi dengan pemahaman dan program yang baik untuk meningkatkan organisasi agar betul-betul meraih puncak dan prestasi. Pengembangan diri tanpa CorpU, maka prestasi mustahil akan tercapai.

Kepala BPSDM, Asep Kurnia menyebutkan bahwa saat ini banyak sekali prestasi yang diraih Kemenkumham. "Kita sebagai generasi muda, tak boleh abai, dan harus melanjutkan bahkan lebih meningkatkan kinerja yang telah dilakukan sebelumnya," ujarnya.

Kepala BPSDM pun juga menceritakan bagaimana perjalanannya dalam membangun Kemenkumham CorpU. 

Disampaikan bahwa Kemenkumham Corpu telah dilaunching pada tanggal 18 November 2019. Dan CorpU ini diperlukan karena terkait dengan visi presiden RI dalam membangun SDM melalui peningkatan kualitas pendidikan dan manajemen talenta, kemudian untuk meningkatkan kompetensi ASN Kemenkumham yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan integritas, serta agar masyarakat dapat menikmati layanan ASN Kemenkumham yang memiliki kinerja tingi dan tidak KKN. 

Saat ini, BPSDM tengah melakukan pengembangan terkait aplikasi Rumah Belajar Kumham, yang didesain untuk dapat menikmati modul pembelajaran melalui aplikasi mobile yang mengambil sample seperti aplikasi Ruang Guru. Di akhir arahan, Kepala Badan Pengembangan dan Sumber Daya Manusia, Asep Kurnia menyampaikan, "organisasi ini harus menjadi organisasi pembelajaran yang mencakup 4 pilar (people process, learning process, knowledge management process, dan network & partnership process) untuk meningkatkan kinerja untuk pelayanan yang terbaik kepada masyarakat".

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah, Agus Toyib, Kepala Divisi Administrasi, Edy M.S. Hidayat, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Abdul Karim, Kepala Divisi Keimigrasian, Teodorus Simarmata, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah, Pejabat Strukural Kantor Wilayah, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Keimigrasian se-Kalimantan Selatan, serta Pejabat Struktural UPT dan pegawai Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Kalimantan Selatan yang menyaksikan secara daring melalui video conference. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only