DKP3 Banjarmasin Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 08 Juli 2020

DKP3 Banjarmasin Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan, dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di RPH Basirih, Selasa (7/7/2020).

Dokter hewan DKP3 Dokter Annang Wijatmiko menerangkan dari hasil pemeriksaan antemortem (pemeriksaan fisik luar sebelum dipotong), tidak ada ditemukan hewan kurban yang terserang penyakit menular dan berbahaya seperti antraks dan beberapa penyakit mematikan lainya.

"Pemeriksaan terhadap hewan ternak rutin akan dilakukan sejak hari ini hingga pelaksanaan ibadah kurban nanti," paparnya, Selasa (7/7/2020).

Dokter Annang juga menyampaikan hingga saat ini hanya terdapat sapi kelelahan karena menempuh transportasi laut yang cukup jauh.

Ternak yang ada di Rumah potong hewan (RPH) Basirih didatangkan dari luar Kalimantan, seperti Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara yang msngharuskan mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Agar tidak membahayakan bagi masyarakat yang akan menggunakan hewan tersebut.

Untuk itu ia menganjurkan bagi masyarakat yang ingin membeli ternak baik untuk keperluan ibadah kurban maupun dikonsumsi biasa agar memperhatikan kondisi kesehatan ternak sebelum membeli.

Diantaranya kondisi ternak tidak lesu, berdiri tegak, bagian mata jernih, bulu mengkilat tidak kusam, dan hidung basah, tidak kering.

Sedangkan untuk mengetahui usia ternak dapat dilihat dari kondisi gigi. Jika gigi sudah copot minimal satu maka bisa dipastikan usia sapi sudah lebih dari dua tahun. “Kalau giginya sudah copot satu jadi hitungannya diatas dua tahun. jadi sudah layak sebagai syarat hewan kurban,” pungkasnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner