Jusuf Kalla Kunjungi PMI Kota Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 19 Juni 2020

Jusuf Kalla Kunjungi PMI Kota Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM- Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla kunjungi PMI Banjarmasin guna melihat kesiapan PMI untuk memproduksi plasma konvalesen, Kamis (18/6/2020).

"Tugas PMI berusaha menurunkan tingkat penyebarannya dengan mematikan virus. Bagaimana koordinasi PMI juga dengan gugus tugas dan kita akan menambah semua peralatan yang dibutuhkan PMI," kata dia.

Jusuf Kalla mengatakan hal ini merupakan target utama dalam menurunkan penyebaran Covid-19 di Kalsel. 

Sementara itu, Kepala PMI Kota Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit mengatakan kunjungan Jusuf Kalla atau yang akrab disapa JK merupakan dukungan kepada PMI Banjarmasin. "Jadi intinya beliau mendukung 100 persen," tambahnya.

Lebih lanjut, terkait masih kurangnya alat yang dibutuhkan PMI Kota Banjarmasin untuk memproduksi plasma konvalesen akan disiapkan. "Jadi mungkin dalam waktu dekat kalau alat itu sudah siap kita bisa memproduksi sendiri plasma konvalesen itu," ungkapnya.

Aulia juga menerangkan plasma konvalesen diambil dari pendonor pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh dan sudah melewati dua kali Swab sebelum diambil plasmanya.

Kemudian ruangan yang digunakan saat pengambilan plasma harus tersendiri dan tidak boleh bersamaan dengan pendonor darah yang lain.

"Sudah kita siapkan ruangan di depan dan cara pengambilannya pun berbeda jadi tidak seperti pengambilan biasa cuma 15 menit, ini bisa sampai 45 menit," terangnya.

Dikatakannya pengambilan plasma konvalesen pendonor tidak perlu menunggu hingga dua bulan, tetapi per dua minggu sudah bisa mendonorkan plasmanya.  "Berbeda dengan yang biasa, karena yang diambilnya cuma plasmanya itu saja," pungkasnya. (Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only