Ini Prakiraan Cuaca di Kalsel Hingga 12 Mei, Ada Fenomena Madden Julian | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Sabtu, 09 Mei 2020

Ini Prakiraan Cuaca di Kalsel Hingga 12 Mei, Ada Fenomena Madden Julian

BERITABANJARMASIN.COM - BMKG Kalsel menyampaika peringatan dini waspada intensitas hujan ringan hingga lebat  di beberapa wilayah Kalsel.

Dikatakan Kepala Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalsel, Karmana prakiraan cuaca dari tanggal 6-12 Mei 2020 umumnya berawan dengan potensi hujan ringan hingga hujan sedang. 

Suhu udara berkisar antara 23 -35°C  kelembapan berkisar 55-98%. Angin bertiup umumnya dari arah timur laut hingga barat daya dengan kecepatan berkisar 5-35 km/jam.

"Peringatan dininya waspada potensi hujan ringan intensitas sedang hingga lebat, untuk potensi gelombang tingginya nihil aman untuk para nelayan melaut," terangnya.

Secara terperincinya prakiraan cuaca (6-12 Mei) yakni Kalsel bagian utara seperti Tabalong Balangan, HSU berawan potensi hujan ringan hingga sedang.

Wilayah Kalsel bagian timur seperti Kotabaru dan Tanbu berawan potensi hujan ringan, sedang hingga hujan lebat. Wilayah Kalsel bagian selatan seperti Tala cerah berawan potensi hujan ringan hingga sedang.

Wilayah Kalsel bagian barat seperti HST, HSS, Tapin, Batola, Kab Banjar, Banjarmasin dan Banjarbaru cuaca cerah berawan potensi hujan ringan hingga sedang.

Menurut BMKG di sebagian besar wilayah  Indonesia masih mengalami musim peralihan (Pancaroba) dari musim hujan ke musim kemarau. 

Hasil analisis BMKG kata ia menunjukkan kondisi dinamika atmosfir yang tidak stabil di wilayah Indonesia dapat terjadi pada beberapa hari kedepan dan sebagai awal hujan di beberapa wilayah Indonesia, meskipun BMKG sebelumnya memprediksi pada Bulan Mei ini memasuki awal musim kemarau.

Hal ini kata ia, dipicu aktifnya fenomena Madden Julian Oscalliation (MJO) yang merupakan Fluktuasi utama di cuaca kawasan tropis dalam skala mingguan hingga bulanan. Dapat diartikan sebagai awal hujan yang bergerak ke arah timur dekat khatulistiwa biasanya berpeluang terjadi setiap 30 hingga 60 hari. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only