Disperindag Banjarmasin: Jika Pedagang Sengaja Tak Pakai Masker Saat Jualan Tokonya Bisa Disegel! | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Minggu, 31 Mei 2020

Disperindag Banjarmasin: Jika Pedagang Sengaja Tak Pakai Masker Saat Jualan Tokonya Bisa Disegel!

BERITABANJARMASIN.COM - Rawan penyebaran Covid-19, pasar tradisional terus dipantau. Para pedagang dan pembeli pun diimbau disiplin ikuti protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan.

"Kami bersama petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Satpol PP dan tentunya Disperindag Kota Banjarmasin kembali melakukan imbauan rutin kepada warga pasarbdi 38 blok pasar se-Banjarmasin," ucap Kepala Bidang Peningkatan Sarana Distribusi Perdagangan (PSDP) dan Pasar, Disperindag Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar kepada BeritaBanjarmasin.com.

Apalagi hingga hari ini (31/5/2020) grafik kasus Covid-19 belum menunjukkan adanya penurunan di Kota Banjarmasin.

Tezar menyampaikan, kegiatan ini rutin dilaksanakan hingga beberapa hari kedepan. "Hingga 3 Juni dilaksanakan rutin berturut-turut selama 7 hari," terangnya.

Menurutnya para pedagang dan pembeli di pasar kota saat ini sudah bisa diajak bekerjasama dalam menaati protokol kesehatan yang disampaikan oleh petugas. Meskipun memang kami masih ada beberapa yang tidak menggunakan masker. Karena beralasan sedang makan dan juga sedang merokok. "Tapi kami tetap meminta mereka untuk menjaga jarak atau physical distancing," ujarnya.

Lantas, apakah ada sanksi kepada pedagang dan pembeli jika pada saat berada di kawasan pasar ditemukan tidak mematuhi protokol kesehatan, misalnya seperti tidak menggunakan masker?

Tezar menjawab, setiap melakukan imbauan ke pasar-pasar, pihaknya tak henti-henti mengingatkan kepada pedagang untuk terus menggunakan masker dan melaksanakan protokol kesehatan lainnya. "Kalau memang seandainya ada pedagang yang tidak menaati berulang kali, maka tokonya bisa kami lakukan penyegelan," tegasnya.

Sedangkan bagi pengunjung atau pembeli yang tak menggunakan masker saat berada di kawasan pasar dilarang memasuki area pasar. "Gunakan masker semaksimal mungkin, kalau seandainya memang agak kesulitan bernapas, dibuka sebentar, nanti ditutup kembali. Jangan sampai masker cumar di leher saja," tuturnya.

Selain menggunakan masker, ia mengimbau untuk sering mencuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun. Anak-anak juga diminta tidak berkeliaran di kawasan pasar. (arum/adv/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only