Maksimalkan Ikhtiar, Begini Langkah Wali Kota Banjarmasin untuk Masyarakat di Masa Covid-19 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Senin, 06 April 2020

Maksimalkan Ikhtiar, Begini Langkah Wali Kota Banjarmasin untuk Masyarakat di Masa Covid-19

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyampaikan upaya pemkot dalam menghadapi wabah Covid-19 hingga hari ini (6/4/2020). Ia pun meminta masyarakat saling bahu-membahu, bekerjasama.

Tim Gugus Tugas Covid-19 yang diketuai oleh Wali Kota Banjarmasin sudah dibentuk sampai tingkat kelurahan (lurah, Babinsa Kodim, Babinkamtibmas Polresta, kepala puskesmas dan perwakilan tomas/warga). "Tim surveilen Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin juga telah melakukan screening dan tracking sekaligus melakukan rapid test kepada kelompok ODP dan tenaga medis serta perawat yangg memberikan layanan kepada pasien," ujar H Ibnu Sina kepada BeritaBanjarmasin.com.

Dinkes, ujarnya, juga melakukan pemantauan dan edukasi langsung ke masyarkat. Tim Gugus Tugas Kelurahan dan potensi masyarakat seperti BPK, ormas pun turut diminta berpartisipasi keliling menyampaikan pengumuman dan imbauan langsung. "Penyemprotan disinfektan bersama BPBD Banjarmasin juga tetap kita jalankan," papar dia.

Ditegaskan Ibnu, ibu-ibu PKK Banjarmasin dan wirausaha baru sedang membuat 10.000 masker gratis dari rencana 50.000 bantuan dana CSR dan dermawan. Dinsos dalam waktu dekat akan membagi 1.000 paket sembako untuk warga terdampak.

Jaring pengaman sosial juga ditambah dari 21.000 warga miskin yang mendapat BJPS akan ditambah menjadi 41.000 warga miskin yang sebelumnya belum tercover BPJS. "Kami juga siapkan untuk 20.000 warga miskin baru, sehingga totalnya mencapai 60.000 warga miskin dari 700.000 penduduk Banjarmasin," urainya.

Dari segi APD tenaga medis yang menjadi garda terdepan juga dilengkapi. Menggunakan penyaluran dari pusat, provinsi dan pengadaan langsung dari Dinkes Banjarmasin, juga ada bantuan dari dermawan. "Untuk RS Sultan Suriansyah Banjarmasin sudah disiapkan tiga ruang isolasi," kata ia.

Ditanya mengenai rencana karantina wilayah, Ibnu menjelaskan Pemkot Banjarmasin sudah mengupayakan semacam karantina wilayah, tapi itu kewenangan pusat dan belum mendapat izin dari Menkes RI. "Pemkot Banjarmasin dan DPRD sepakat menggeser anggaran dan menyiapkan anggaran Rp51 miliar di APBD 2020," ujarnya.

Ia berharap wabah segera teratasi dengan baik dan meminta kepada Allah SWT mengangkat wabah Corona ini. Mengingat saat ini dekat sekali memasuki bulan suci Ramadhan. "Ulun meminta tolong seluruh warga Banjarmasin tanpa membedakan suku, agama dan golongan agar bersama bahu-membahu, menjaga pola hidup bersih, memakai masker dan berdoa," pintanya. (sip/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only