Baznas Kalsel Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Kamis, 09 April 2020

Baznas Kalsel Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

BERITABANJARMASIN.COM- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Selatan dalam waktu dekat akan menyalurkan bantuan pangan kepada masyarakat yang terdampak wabah virus Corona (Covid-19).

"Dalam rangka penanggulangan Covid-19, memang secara nasional kita diarahkan untuk membuat program Cash For Work," ungkap Kepala Layanan Aktif Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalimantan Selatan, Saddam NH kepada BeritaBanjarmasin.com pada Rabu (8/4/2020).

Bantuan ini nantinya berupa bantuan pangan kepada masyarakat yang terdampak oleh wabah ini, khususnya masyarakat rentan dan pegawai harian."Adapun secara langsung yaitu bantuan pangan atau logistik keluarga," jelasnya.

Bantuan yang akan diberikan kepada penerima manfaat yakni satu paket logistik ditargetkan dibagikan kepada 2 ribu kepala keluarga penerima manfaat, yang dalam satu paketnya bernilai Rp250 ribu yang berisikan sembako dan perlengkapan ibadah.

"Program ini akan berjalan hingga lebaran nanti. Kita juga sudah siapkan untuk 1500 kepala keluarga. Jadi lengkap, tidak hanya memenuhi kebutuhan pangan tetapi juga kebutuhan ibadah," paparnya

Sedangkan penyaluran tidak langsung yaitu dengan mempekerjakan para Mustahiq untuk melaksanakan program-program yang ada di Baznas, seperti menjadi petugas yang melakukan penyemprotan disinfektan dan diberikan upah perhari setiap kegiatan.

Saat ini, Baznas Kalsel tengah melakukan verifikasi dan pendataan terkait siapa saja yang berhak untuk menerima bantuan ataupun yang akan tergabung dalam kegiatan Cash For Work. "Insya Allah minggu depan. Sekarang kita inventaris untuk mulai kegiatannya," imbuhnya

Baznas Kalsel juga akan membuatkan portal online untuk para Mustahiq seperti pedagang yang tidak dapat berjualan akibat kebijakan social distancing agar dapat melakukan transaksi penjualan dengan cara pengiriman ke rumah konsumen.

"Kita juga ada kontak hotline seperti layanan aktif Baznas untuk masyarakat Kalsel yang ingin berkontribusi pada pencegahan Covid-19 dalam bentuk penyaluran donasinya," pungkasnya.

Penerima manfaat logistik keluarga ini akan diprioritaskan pada zona merah wilayah terdampak Covid-19 seperti Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, dan Barito Kuala. (Fitri/puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only