Maksimalkan Program Nursery, Kalsel Siap Ekspor Kopi Semi Modern | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Senin, 09 Maret 2020

Maksimalkan Program Nursery, Kalsel Siap Ekspor Kopi Semi Modern


BERITABANJARMASIN.COM - Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalimantan Selatan, Suparmi berharap Kalsel yang merupakan penyangga Ibu Kota Negara (IKN) dapat menjadi penyedia kopi berskala ekspor.

Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan Kalsel menjadi salah satu dari 20 titik rencana pembangunan Nursery tahun 2020 oleh Direktorat Perbenihan, Direktorat Jenderal Perkebunan. 

Pembangunan Nursery merupakan salah satu langkah penting dalam upaya penyediaan benih unggul di sejumlah kawasan sentra pembangunan perkebunan.

"Ini merupakan wujud nyata dalam program penyediaan logistik benih perkebunan 500 juta batang (LOG BEN 5) yang sebelumnya dikenal dengan istilah BUN-500," terangnya.

Untuk pendanaan sendiri dari APBN pusat dan di bulan Oktober direncanakan sudah terbangun untuk memenuhi ketersediaan benih kopi di Kalsel.  Adapun rencana lokasi Nursery ini terletak di Desa Bangkal, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru yang merupakan tanah aset milik pemerintah provinsi dengan luasan sekitar 5 Hektar. 

Kopi unggulan Kalsel sendiri adalah jenis Kopi Liberika dan Robusta dengan sebaran lokasi penanaman selama ini ada di Kabupaten Banjar, Tanah Laut hingga Tanah Bumbu."Kita punya kopi andalan Liberika yang tumbuh di dataran rendah. Itu sudah disukai oleh Uni Eropa, orang-orang luar," jelasnya

Dua jenis kopi ini juga sudah menjuarai di tingkat nasional. Dari capaian ini lah yang membuat Kalsel percaya diri untuk mengembangkannya di tingkat internasional. "Kita kemarin juara dua tingkat nasional. Itu membuat kita percaya diri mengembangkan kopi Liberika, ini juga sudah dibranding di Finlandia oleh Dinas Kehutanan," pungkasnya.

Dengan adanya Nursery kopi semi-moderen ini diharapkan masyarakat sebagai pekebun dapat memperoleh kemudahan untuk mendapatkan benih unggul tanaman kopi. (fitri/puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only