Tiga Jembatan di Sungai Lulut Diresmikan Gubernur Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 28 Februari 2020

Tiga Jembatan di Sungai Lulut Diresmikan Gubernur Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor meresmikan tiga jembatan yang baru saja selesai dibangun yaitu Jembatan Sungai Lulut, Sungai Lulut Gardu 1 dan Sungai Lulut Gardu 2 di Jalan Sungai Lulut, Kabupaten Banjar, Kamis (27/2/2020)

Peresmian ditandai dengan pemotongan bunga dan penekanan tombol sirine yang disaksikan secara langsung oleh Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, jajaran Kepala SKPD Kalsel dan Bupati Kabupaten Banjar, Khalilurahman. 

Sahbirin Noor mengatakan ketiga jembatan ini sangat dinantikan oleh masyarakat sekitar, baik di kota Banjarmasin maupun warga di Kabupaten Banjar."Sebelumnya, jembatan ini hanya berkonstruksi kayu dan kerap kali terjadi kemacetan terutama di pagi dan sore hari," ucap Paman Birin.

Dengan diresmikannya jembatan ini diharapkan bisa meminimalisir terjadinya antrian dan kemacetan dan jembatan ini bisa bermanfaat untuk semua masyarakat di banua khususnya daerah Sungai Lulut.

Menurutnya, jembatan ini dikerjakan lebih cepat agar dapat menjadi akses bagi jamaah Haul Guru Sekumpul. Apalagi, Haul ke 15 Guru Sekumpul tinggal menghitung hari.

“Alhamdulillah, itu yang kita kejar. Karena jamaah haul Guru Sekumpul luar biasa banyak, dan Insya Allah tamu-tamu haul Abah Guru Sekumpul banyak membawa rezeki untuk masyarakat Kalsel,” tuturnya.

Selanjutnya Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar mengungkapkan ketiga jembatan ini menelan anggaran sebesar Rp21,3 miliar. 

Terdapat dua paket pengerjaan di ruas jalan ini, pertama Jembatan Sungai Gardu I dan Jembatan Sungai Lulut dan satunya Jembatan Sungai Gardu II. " Jadi total anggaran menggunakan APBD Provinsi Kalsel sebesar Rp 21,3 miliar dan pembebasan lahan menggunakan APBD dari Pemko Banjarmasin dan Pemkab Banjar,” terangnya.

Sedangkan lebar jembatan Kata Roy yang tadinya hanya 4 hingga 4,2 meter diperlebar menjadi 10 hingga 12 meter. Selain itu, untuk Jembatan Sungai Lulut dan Jembatan Sungai Gardu I, jarak  jembatan dengan permukaan air sungai pasang setinggi 1,5 hingga 2 meter. “Sehingga lalu lintas perahu mesin, jukung dan kelotok masih bisa dilalui,” pungkasnya. (Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only