Kisah Khairil Sang Pendonor Darah, Terima Penghargaan Presiden RI | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Rabu, 19 Februari 2020

Kisah Khairil Sang Pendonor Darah, Terima Penghargaan Presiden RI

BERITABANJARMASIN.COM - Mendapatakan penghargaan Satyalancana kebaktian sosial Donor Darah Sukarela (DDS) 100 kali, tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh H Khairil Azhar,  terlebih selama ia mendonorkan darahnya memang berniat untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. "Hanya sekadar membantu masyarakat," tutur Khairil, Selasa (18/2/2020).

Khairil mendapatkan penghargaan satyalancana kebaktian sosial Donor Darah Sukarela (DDS) 100 kali pada tanggal 17 Desember 2017 bersama enam orang lainnya yang juga mendapatkan penghargaan tersebut.

Penghargaan yang diberikan berupa Satyalancana dan cincin emas. Namun, meski enam orang pendonor darah mendapatkan penghargaan yang sama, ada dua orang perwakilan dari ke enam pendonor darah tersebut diberikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan cincin emas oleh Wakil Presiden saat itu, Jusuf Kalla di Istana Presiden.

"Aku menerima langsung Satyalancana dari Joko Widodo dan cincin emas dari Jusuf Kalla, sedangkan yang lain menerima biasa aja ngga langsung seperti aku," bebernya.

Saat mendapatkan penghargaan Khairil sudah mendonorkan darahnya sebanyak 114 kali dan ia rutin mendonorkan darah per tiga bulan sekali dan di usia 61 tahun sudah mencapai 121 kali.
Hal ini dikatakannya berawal dari kepeduliannya saat melihat seseorang di RSUD Ulin kebingungan untuk mencari darah namun kondisi perekonomian yang tidak memadai sejak hari itu Khairil tergerak untuk mendonorkan darahnya meski pun ia tidak pernah sebelumnya mendonorkan darah.

"Aku donor di situ dan itu pertama kali aku donor, aku mau bantu orang ini dan dari situlah hatiku mulai tergerak melihat orang memerlukan darah," bebernya.
Dari situ Khairil mulai aktif menjadi relawan penggerak donor darah dan saat ini Khairil menjadi Ketua Relawan Donor Darah di Indonesia untuk wilayah Kalsel yang terbentuk sejak tahun 2018 dan sudah 35 anggota yang dihimpun. 

Selama menjadi pendonor darah Khairil merasa kesehatan tubuhnya semakin membaik bahkan ia jarang sakit. "Badan terasa enak alhamdulillah, itulah manfaat donor darah," pungkasnya. (Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only