BI Kalsel Beri Pelatihan Pembuatan Pupuk dan Budidaya Ikan Organik | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 16 Februari 2020

BI Kalsel Beri Pelatihan Pembuatan Pupuk dan Budidaya Ikan Organik


BERITABANJARMASIN.COM- Sebagai upaya untuk menekan inflasi Bank Indonesia (BI) Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para petani dalam mengolah pupuk dan budidaya ikan secara organik. 

Kegiatan ini berlangsung pada 15-16 Februari 2020 di Bumi Tangi Argo Edu Park, Jalan A Yani Km 23 Landasan Ulin Banjarbaru. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas petani dari yang sebelumnya mampu menghasilkan padi sebanyak 3,9 ton per hektar, diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini pembuatan pupuk organik mampu meningkat menjadi delapan sampai 9 ton perhektarnya.

"Nilai petani menjadi lebih tinggi karena biayanya tertekan yang biasanya mahal dan hasilnya meningkat itu kita buktikan kemaren," ucap Manager Pengembangan Ekonomi KPw BI Kalsel, Aryo Wibowo kepada awak media.

Di hari pertama kegiatan para petani diajarkan bagaimana cara mengolah pupuk organik berbahan dasar kotoran hewan sapi yang dicampur dengan kompos dari tumbuhan atau sisa tanaman seperti jerami dan dedaunan yang sudah dihaluskan menggunakan Alat Pengolah Pupuk Organik (APPO) kemudian dicampur dengan MA-11 selanjutnya difermentasi. "MA-11 mikro bakterinya untuk mengurai pupuk," jelasnya.

Menurutnya pupuk yang berkualitas mampu meningkatkan produktivitas padi yang dihasilkan. Selanjutnya Konsultan Pelatihan UMKM, Untung menambahkan dibandingkan dengan menggunakan pupuk kimia penggunaan pupuk organik mampu meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya.

"Kita harapkan mereka bisa mengaplikasikan di lapangan sesuai dengan tempat tinggalnya, yang mana bahan yang tersedia di alam lebih banyak untuk diolah menjadi pupuk organik," pungkasnya. (Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner