Wow, Sampah Durian Hingga 5 Ton Sehari di Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Senin, 20 Januari 2020

Wow, Sampah Durian Hingga 5 Ton Sehari di Banjarmasin

Buah durian merupakan salah satu buah kegemaran sebagian besar masyarakat Banjarmasin. Di musim durian ini, sampah dari sisa durian yang dimakan mencapai lima ton per hari di Banjarmasin.

Laporan jurnalis BeritaBanjarmasin.com, Arum.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin harus bekerja ekstra. Mereka menambah armada pengangkut sampah, karena meningkatnya sampah sisa buah durian. 

Menurut Kepala Bidang Kebersihan DLH Kota Banjarmasin, Marzuki, pihaknya harus mengangkut sampah kulit durian hingga 5 ton per hari.

Marzuki menerangkan biasanya armadanya mengangkut sampah 580 ton sampah per hari yang dibuang ke TPA Basirih, namun belakangan ini angka tersebut bertambah dengan banyaknya penjualan durian di pinggiran jalan. "Semenjak musim durian ini, kami harus menambah dua truk pengangkut sampah kulit durian," bebernya Sabtu (18/1/2020).

Marzuki menjelaskan satu pedagang menyumbang minimal lima karung atau 100 kilogram sampah kulit maupun durian yang tidak layak konsumsi.

Untuk itu ia berharap pedagang maupun masyarakat bisa mendaur ulang kulit durian tersebut untuk menjadi kompos. Agar bisa membantu para petani untuk dijadikan pupuk, karena sampah dari buah yang berjuluk raja buah itu gampang terurai. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only