DPRD Ngawi dan Ponorogo Pelajari PAD Banjarmasin dari Parkir | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 24 Januari 2020

DPRD Ngawi dan Ponorogo Pelajari PAD Banjarmasin dari Parkir


BERITABANJARMASIN.COM - DPRD Kota Banjarmasin mendapat kunjungan dari DPRD Kabupaten Ponorogo dan DPRD Kabupaten Ngawi, Kamis (23/1/2020). Para tamu tersebut ingin belajar bagaimana pengelolaan PAD di Banjarmasin.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Ponorogo, Ribut Riyanto mengatakan dari Pemkabnya memiliki target menaikkan PAD khususnya dari parkir. "Tujuan Kami ingin mencari referensi yang nantinya dapat diterapkan di daerah," ujarnya.

Selain itu pihaknya juga ingin mempelajari bagaimana peraturan daerah (Perda) di Banjarmasin sebagai landasan dalam menangani PAD. Menurutnya selama ini target pada tahun 2019 di daerahnya telah terlampaui sebesar satu miliar namun bagaimana agar semakin meningkat. "Karena di Banjarmasin PAD sangat tinggi," jelasnya.

Dari kunjungan di Banjarmasin, dirinya mengaku telah mendapat referensi yang nantinya dapat diterapkan di tempatnya. Hal senada disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Dwi Rianto Jatmiko dimana perlunya daerah membuka peluang dalam menarik retribusi untuk tingkatkan PAD. Di Banjarmasin tempat parkir menjadi penyumbang PAD yang tinggi. "Tadi dari informasi di sini PAD dari parkir mencapai Rp12 miliar sedangkan di daerah kami hanya Rp3,4 miliar," ujarnya.

Menurutnya hal ini juga perlu dikomunikasikan dengan pihak di daerah yang menangani, karena secara kawasan di kabupaten Ngawi sendiri tidak terlalu banyak mall dan bangunan strategis lainnya.

Meskipun kata ia, berbeda kriteria lingkup antara Kota dan Kabupaten banyak yang bisa dipelajari bagaimana membangun strategi berupa peluang-peluang guna menigkatnya PAD di daerah. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only