Populasi Bekantan Kian Terancam | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Kamis, 26 Desember 2019

Populasi Bekantan Kian Terancam


BERITABANJARMASIN.COM - Bersama Ikatan Mahasiswa dan Pemuda (IKMADA) Kalsel, Pusat Penelitian Pengembangan Hasil Hutan (P3HH), Sofyan Iskandar tananamkan pengetahuan cinta Bekantan dan satwa liar bagi mahasiswa dan generasi muda.

"Agar mempunyai visi dan pandangan yang sama untuk membangun konservasi flora fauna untuk kehidupan kita yang lebih baik,"ucapnya kepada Beritabanjarmasin.com.

Salah satu hewan yang ingin ia angkat yakni Bekantan karena menurutnya Bekantan merupakan hewan endemik dan ikon Kalimantan yang populasinya mulai menurun.

"Sekarang populasinya mulai menurun dan habitat Bekantan khususnya di Kalsel lebih banyak seperti di ladang, tambak dan sebagainya sehingga kita perlu mencari solusi agar manusia bisa membantu Bekantan,"ungkapnya.

Ia mengatakan kondisi flora dan fauna di Indonesia beberapa jenis terancam punah, seperti hutan di Sumatera dan Kalimantan , bekantan dan flora yang mempunyai nilai ekonomi seperti Merbau.

"Karena dulu di eksploitasi secara berlebihan sekarang di beberapa tempat terjadi kepunahan lokal, seperti dulu ceritanya di sini ada sekarang tidak ada karena di eksploitasi,"bebernya.

Oleh karena itu dengan upaya kongkrit saat ini dengan melakukan konserfasi tidak hanya dalam kawasan tetapi keluar kawasan juga."Artinya semua stake holder pemangku kepentingan untuk mempunyai tangung jawab,"tuturnya.

Dalam hal ini yakni HPH tambang, perkebunan yang menggunakan sumber daya alam, menggunakan kawasan tersebut mempunyai tanggung jawab untuk tetap memelihara habitat-habitat yang penting dan sebagainnya.

Sementara itu Gubernur Kalsel yang di wakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Faried Fakhmansyah mengatakan seminar ini salah satu wujud dan harapkan pemerintah provinsi Kalsel sesuai dengan visi dan misi nya yaitu menuju Kalsel dengan lingkungan yang berkualitas.

"Jadi dengan adanya seminar ini kita berharap lingkungan Kalsel semakin baik sehingga proses pembangunan kedepan kita akan sadar kepada pembangunan yang terbarukan itu akan terwujud sesuai dengan harapan kita bersama,"tandasnya.(Fitri/puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only