Perayaan Dongzhi Digelar Pertama Kali di Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Senin, 23 Desember 2019

Perayaan Dongzhi Digelar Pertama Kali di Banjarmasin


BERITABANJARMASIN.COM- Sebanyak 1000 Onde-onde disajikan dalam perayaan Dogzhi (tibanya musim dingin) oleh Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di Aula Rumah Ano, Siring Tendean, Banjarmasin, Ahad (22/12/2019).

Perayaan Onde merupakan yang pertama kalinya digelar untuk umum di Banjarmasin, biasanya keturunan etnis Tionghoa merayakannya setiap tanggal 22 Desember dan hanya dirayakan di rumah masing-masing.

"Memperkenalkan tradisi orang Tionghoa, ini baru pertama digelar kepada umum di Banjarmasin, tapi kalau acaranya tiap tahun setiap tanggal 22 Desember dirumah masing-masing," ucap Istri dari Ketua PSMTI Nurhajati.

Dengan perayaan ini Wali Kota Bnjarmasin, Ibnu Sina menyambut baik, karena menurutnya apa pun budaya yang ada di Kalsel merupakan identitas kota bagi siapapun yang datang ke Banjarmasin. "Saya menyambut baik, apapun budaya di kalsel dan itu menjadi identitas kota kalau orang datang ke Banjarmasin," terangnya.

Menurut Ibnu, filosofi dari perayaan onde ini sebagai salah satu cara untuk mengakrabkan satu sama lain, pada tahun sebelumnya di masing-masing rumah kemudian budaya ini diangkat untuk kebersamaan. 

"Mudah-mudahan ini menjadi agenda tahunan, kami sangat mengapresiasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarmasin sudah mengagendakan insya Allah tahun depan bisa digelar tiap tahun," tuturnya. (fitri/puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only