Harga Kebutuhan Pokok Jelang Natal dan Tahun Baru Stabil | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Kamis, 19 Desember 2019

Harga Kebutuhan Pokok Jelang Natal dan Tahun Baru Stabil


BERITABANJARMASIN.COM - Menjelang Natal dan tahun baru 2020 harga kebutuhan pokok di Kalimantan Selatan cenderung stabil. Hal tersebut diungkapkan Kadis Perdagangan Kalsel, Birhasani, Kamis (19/12/2019).

Bahkan harga ayam di pasar akan berangsur turun, sedangkan untuk harga cabai rawit yang biasanya mencapai angka Rp80 ribu sampai Rp100 ribu/kilo, sekarang haya Rp50 ribu per kilonya. Harga telur ayam di Pasar Antasari mencapai 22-24 ribu tergantung ukuran besar kecinya telur. "Mudah-mudahan sampai tahun baru tidak ada permasalahan," ucapnya kepada BeritaBanjarmasin.com.

Birhasani juga mengatakan hal ini dikarenakan distributor memiliki stok beras, daging, tepung, begitu juga degan di gudang yang sudah terdaftar di Dinas Perdagangan di Kabupaten/Kota. "Baik beras, gula, bawang, minyak goreng, semuaya tercukupi," cetusnya. 

Menurutnya, berdasarkan wawancara dan observasi dengan para pedagang, pasokan selama ini lancar saja, sehingga pihaknya yakin tiga bulan kedepan stok bahan pangan di Kalsel akan aman dan tercukupi. 

Selain itu, ia juga sudah memantau langsung perkembangan harga di dua pasar tradisional, yaitu Pasar Antasari dan Pasar Belitung. Diketahui harga di kedua pasar tersebut harga bahan pokok sangat stabil.

Begitu juga dengan yag ada di ritel modern."Kami juga mengambil sampel di ritel. Untuk kebutuhan bahan pokok seperti daging, beras, ayam, kemudian, telur bawang putih, bawang merah, miyak, gula, alhamdulillah dalam kondisi pasokan yang lancar," bebernya.

Selama tidak ada gejala alam seperti angin kencang, ombak besar di laut, hingga tiga bulan kedepan harga pokok akan tetap stabil. Karena menurutnya faktor cuaca akan mempengaruhi harga poko tersebut, dimana ada beberapa kebutuhan pokok yang ada berasal dari luar Kalsel. "Karena kita ada beberapa yang tergatung derah lain, semoga tidak ada permasalahan dalam segi distribusi," harapnya.

Bahkan Dinas Perdagangan juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Perhubungan, agar antar daerah Provinsi Kalsel ke kabupaten/kota, utuk kelancaran transportasi tetap terjaga. (Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only