Banjarmasin Raih Penghargaan Kota Peduli HAM Lima Kali Berturut-turut | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 11 Desember 2019

Banjarmasin Raih Penghargaan Kota Peduli HAM Lima Kali Berturut-turut

BERITABANJARMASIN.COM - Banjarmasin kembali mendapatkan penghargaan sebagai Kota Peduli HAM, dalam peringatan Hari Hak Asasi Manusia se-dunia, di Bandung, Selasa (10/12/2019).

Penyerahan penghargaan diberikan oleh Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Mualimin Abdi dan diterima langsung oleh Wai Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Pada kegiatan yang dihadiri sejumlah gubernur, wali kota dan bupati se-Indonesia itu, Wali Kota Banjarmsin, Ibnu Sina menyatakan apresiasinya atas penghargaan yang telah diterima untuk Kota Banjarmasin. “Saya berharap, capaian yang telah didapat bisa terus dipertahankan,” ucapnya

Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM, Mahfud MD mengatakan pada sambutannya masyarakat juga harus jernih melihat bahwa kemajuan perlindungan HAM sekarang ini sudah jauh lebih baik.

Karena tidak hanya berupa pemberian jaminan perlindungan atas hak-hak sipil dan politik (ICCPR), tetapi sudah jauh merambah ke perlindungan HAM dalam ekonomi, sosial dan budaya (ICESCR) yang disebut juga dengan Ekosob.

“Untuk masalah Ekosob sudah sangat banyak yang dilakukan oleh pemerintah melalui program-program pembangunan ekonomi, pengurangan angka kemiskinan, pemerataan pendidikan, kebijakan afirmasi, dan bantuan-bantuan sosial serta sebagainya,” katanya saat menyampaikan sambutannya. 

Untuk diketahui, Pemerintah Kota Banjarmsin sudah mendapatkan penghargaan sebagai kota yang perduli terhadap HAM sebanyak lima kali berturut-turut, sejak tahun 2015, 2016, 2017, 2018 dan pada tahun 2019. 

Pemkot Banjarmasin berupaya menghormati, melindungi dan memenuhi HAM masyarakatnya, khususnya dalam menyamaratakan hak bagi 3.879 penyandang disabilitas. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner