Bahas Usulan Pembangunan RS Pusat, Dewan Kalsel Undang Dinkes | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Kamis, 26 Desember 2019

Bahas Usulan Pembangunan RS Pusat, Dewan Kalsel Undang Dinkes

BERITABANJARMASIN.COM - Komisi IV DPRD Kalsel menggelar rapat dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalsel, membahas rencana pembangunan Rumah Sakit Pemerintah Pusat (RSPP) di Kalsel, Kamis (26/12/2019).

"Agar Dinkes Kalsel dapat menyusun telaahan pembangunan RS Pusat di Kalsel," jelas Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, M Luthfi Saifuddin.

Sebelumnya, Komisi IV telah melakukan audiensi dengan Komisi IX DPR RI yang membidangi masalah kesehatan. Hasilnya mereka mendukung dibangunnya RS Pusat di Kalsel. Namun tetap diharapkan agar realisasi ini ditelaah melalui perencanaan terlebih dahulu dengan melakukan kordinasi dengan pihak terkait.

Menurut Luthfi untuk wilayah pembangunan, kawasan Banjarmasin dirasa sudah terlalu padat. Sehingga ia mengusulkan rencana ini dapat direalisasikan di Kota Banjarbaru yang dekat dengan pusat perkantoran Pemprov Kalsel. "Saya rasa di sekitar perkantoran Banjarbaru itu bisa dibangun rumah sakit pusat ini," jelasnya.

Keinginan ini dilatarbelakangi banyaknya rujukan dari daerah lain dan provinsi tetangga yang berdekatan dengan Kalsel merujuk ke RSUD Ulin Banjarmasin yang ditengarai menambah beban yang ada pada RS tersebut. 

Sehingga dinilai Kalsel perlu penambahan Rumah Sakit Nasional yang dapat menangani rujukan. Yang mana keseluruhan biayanya itu melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). "Sehingga masyarakat tidak perlu lagi meminta rujukan untuk ke pusat di luar daerah Kalsel, cukup di Banua saja," terang dia.

Selain itu, pembangunan ini nantinya akan berdampak pada penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tentunya dapat menambah lapangan pekerjaan khususnya bagi masyarakat di Kalsel. "Dan juga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," tandasnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only