Ubah Sampah Jadi Bernilai, Begini Penjelasan Wali Kota Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 08 November 2019

Ubah Sampah Jadi Bernilai, Begini Penjelasan Wali Kota Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina meluncurkan Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Sumbernya, yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ukhuwah, Kamis (7/11/2019).

Ibnu beserta Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin membubuhkan tanda tangan komitmen di spanduk berukuran besar.

Pencanangan yang diikuti sekitar 117 sekolah Adiwiyata se-Kota Banjarmasin itu, merupakan sebuah usaha untuk mengurangi dan menangani sampah dari sumbernya.

“Sampah menjadi berarti apabila terpilah, dan sampah menjadi betul-betul sampah kalau bercampur baur dan tidak berharga. Oleh karena itu minimal paling tidak kita memilah menjadi tiga yaitu sampah organik, anorganik dan kimia,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kota Baiman itu juga menyampaikan, sesuai Kebijakan Strategis Daerah (Jakstrada) Kota Banjarmasin, di tahun 2019, bisa mengurangi hampir 21,72 persen timbunan sampah.

Untuk itu lanjutnya, sinergi antara sekolah dan Pemkot Banjarmasin untuk menjalankan program ini sangat diperlukan. Membangun serta memperbaiki sistem pengumpulan dan pengangkutan sampah secara terpilah.

Ia berharap dengam dilaksanakan kegiatan tersebut, dapat meningkatkan angka daur ulang sebagai bahan baku, composting dan angka sampah menjadi sumber energi. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only