Kalsel Tuan Rumah Prakualifikasi PON, 570 Atlet Kempo Bersaing | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 14 November 2019

Kalsel Tuan Rumah Prakualifikasi PON, 570 Atlet Kempo Bersaing

BERITABANJARMASIN.COM - Kalsel didapuk menjadi tuan rumah babak Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Cabor Kempo. Sekitar 570 atlet dari 33 provinsi ikut dalam pertandingan ini.

Pembukaan Kejurnas dibuka Sekdaprov Kalsel, Haris Makkie, Rabu, (13/11/2019). Kegiatan yang bertajuk Kejuaraan Nasional Shorinji Kempo ini difokuskan di GOR Rudy Resnawan Banjarbaru. Kualifikasi ini, merupakan tiket menuju PON Papua XX pada 2020. Pertandingan digelar sampai dengan 16 November 2019. 

"Di kompetisi ini kami berharap, bisa menghasilkan atlet berprestasi untuk menghadapi PON 2020, ajang ini juga membangun kekeluargaan dengan atlet dari provinsi lain," hatur Haris Makkie.

Kabid Pembina Olahraga Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel M Fitri Hernadi mengatakan sesuai keinginan Kempo Pusat, GOR sudah direnovasi. "Kami sudah membenahi GOR Rudy Resnawan agar memenuhi standar pelaksanaan kejuaraan nasional," ujarnya.

Para atlet akan berlomba di 17 nomor yang dipertandingkan yakni enam landore dan 11 embu. Sementara itu, Ketua umum PB Perkemi, S Aswari Rivai menuturkan ajang ini diikuti 33 provinsi di Indonesia, sekitar 570 atlet yang bertanding. " Ada beberapa daerah yang menginginkan hal yang sama, menjadi tuan rumah. Kita melihat pemerintah dan masyarakat di Kalsel sangat baik menyambut pergelaran ini, dan kegiatan ini berjalan dengan lancar," ucapnya.

Terpisah, Ketua Pengurus Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Porkemi) Kalsel, Akhmad Fidayeen menuturkan kontingen Kalsel berjumlah 21 orang yang terdiri 17 pria dan 4 wanita. "Sebagai tuan rumah, Kita berharap bisa sukses pelaksanaan dan sukses prestasi, juga tidak kalah penting bisa meloloskan atlet ke babak PON 2020 nantinya," terangnya.

Atlet Kalsel pada ajang Pra PON ini turun di sembilan nomor pertandingan. Nomor yang diikuti Randori putra kelas 60 kilogram, Randori putra kelas 65 KG. Lalu Randori putra kelas 70 KG, Randori putri kelas 55 KG, Randori putri kelas 60 KG, Randori putri kelas 65 KG, Embu berpasangan campuran kyukenshi, Embu berpasangan putra Kyukenshi, dan Embu beregu putera. 

Pihaknya pun mematok target tiga medali emas dari kontingen Kalsel dan meloloskan enam nomor ke babak PON. Di ajang ini sesuai keputusan KONI Kalsel yang berhak diberangkatkan ke PON adalah urutan satu sampai 4 babak Pra PON. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner