Generasi Milenial Harus Melek Sejarah Budaya Sungai di Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Senin, 11 November 2019

Generasi Milenial Harus Melek Sejarah Budaya Sungai di Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM - Dikenal sebagai kota tertua di Kalimantan, Banjarmasin memiliki budaya sungai yang sangat kental, bahkan dapat dirasakan hingga saat ini.

Menurut sejarawan dari Universitas Lambung Mangkurat, Mansyur, memaparkan Banjarmasin tempo dulu dikenal sebagai Kota Venesia dari timur.

Hal itu dikarenakan lanjutnya Banjarmasin sebagai kota tua yang banyak memiliki cerita di masa lalu, karena hampir seluruh kegiatan ekonomi dan bisnis serta sosial masyarakatnya terjadi di atas sungai.

"Kami ingin menggali dan mengenang kembali nilai-nilai masyarakat Banjar yang selalu berkaitan dengan sungai yang dulunya bernama Sungai Banjar Kecil ini," jelasnya.
 
Mansyur, menerangkan, tak hanya untuk mengenang sejarah, namun untuk lebih menunjukkan kepada generasi milenial saat ini bagaimana wajah Banjarmasin saat ini dibanding kondisi Banjarmasin zaman dulu.

Sementara itu, Ketua PSP Rusdi Effendi menyampaikan masyarakat belum banyak mengetahui, padahal ketika abad 17 sampai 19 sungai adalah moda transportasi utama perdagangan bagi masyarakat.

Ia berharap rekam jejak tempo dulu masyarakat Banjarmasin tetap selalu diingat dan bisa diresapi. "Betapa kentalnya sejarah kota seribu sungai tersebut sebagai kota perdagangan dan jasa," tutur dia. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only