Warga Alalak Dilatih Buat Sasirangan Pewarna Alam | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 18 Oktober 2019

Warga Alalak Dilatih Buat Sasirangan Pewarna Alam


BERITABANJARMASIN.COM - Kelurahan Alalak Utara meyelenggarakan pelatihan membuat Sasirangan pewarna alam serta memodifikasi anyaman bakul purun. Kegiatan ini berlangsung dari 15-18 Oktober 2019 bertempat di Aula Kelurahan Alalak Utara.

Pelatihan yang berlangsung sehari penuh
selama empat hari ini, diikuti oleh 25 orang. Intensifnya pelatihan tersebut membuat semua peserta dapat mendalami materi dengan baik. Terlihat semua peserta telah mampu membuat sasirangan pewarna alam melalui proses yang sangat detil, serta mampu memodifikasi bakul purun sehingga memiliki nilai tambah dari sisi harga dan fungsi.

Fasilitator dan juga Koordinator Pengguatan Ekonomi Masyarakat LK3 Banjarmasin, Rakhmalina Bakhriati mengatakan pelaihan sasiranan pewarna alam sangat penting agar keterampilan ini dimiliki oleh masyarakat guna menambah pendapatan dengan memanfaatkan potensi di sekitarnya. "Bahan alam ada di sekitar kita, dan bahan tersebut dapat dijadikan pewarna alam yang aman bagi lingkungan," jelasnya.

Dalam melatih, Rakhmalina didampingi fasilitator lainnya, yang tergabung dalam tim Borneo Braid LK3, sebuah wadah yang dibentuk LK3 untuk menampung berbagai hasil kerajinan masyarakat dan pengrajinnya menjadi fasilitator untuk bisa berbagi pengetahuan kepada masyarakat lainnya.

Lurah Alalak Utara, Eddy Nawahyuni mengatakan, pelatihan pemberdayaan ini bentuk tanggung jawab pemerintah dalam memberdayakan masyarakat, sehingga memiliki keterampilan, meningkatkan pendapatan ekonomi rumah tangga.

Adapun kegiatan ini bersumber dari dana kelurahan, yang bertujuan agar kelurahan mampu memberdayakan masyarakat. "Menggandeng LK3 dalam memfasilitasi, karena lembaga ini memiliki sumber daya pelatih yang cukup banyak, mereka memiliki program pemberdayaan masyarakat yang selaras dengan misi pemerintah," paparnya.

Dalam memberdayakan masyarakat, kata ia tidak mungkin dilakukan sendiri oleh pemerintah atau kelurahan, tetapi juga harus menggandeng potensi yang sudah ada di masyarakat, termasuk menggandeng lembaga seperti LK3, agar berkolaborasi, sehingga menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat demi kemajuan kota Banjarmasin. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only