Wah Kini Ada Sentra Anyaman Purun di Banjarmasin Utara | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 06 Oktober 2019

Wah Kini Ada Sentra Anyaman Purun di Banjarmasin Utara


BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina resmikan Sentra Anyaman di kawasan Jalan HKSN, RT10, Nomor 26 Komplek SKKT, Kelurahan Alalak Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Sabtu (5/10/2019).

Pada kegiatan tersebut juga dirangkai dengan berbagai lomba, seperti lomba bapukung balita, lomba maayun balita, lomba mendongeng dan bazar kuliner tradisional.

Ibnu Sina menyampaikan agar kerajinan anyaman purun tetap terus dijaga kelesatariannya, untuk itu para pengrajin diharapkan juga bisa menularkan keahlian yang dimiliki ke generasi muda. “Ilmunya harus diwariskan kepada generasi berikutnya, supaya dapat melestarikan purun khas Banjarmasin,” ucapnya.

Orang nomor satu di Kota Baiman itu kembali memaparkan bahwa kerajinan anyaman purun tersebut merupakan tradisi dan warisan nenek moyang masyarakat kota seribu sungai tersebut, yang kini juga bisa dijadikan bahan alternatif lain pengganti plastik.

Seperti dibuuat bakul, yang bisa menggantikan penggunaan kantong plastik yang ramah lingkungan.

Sementara itu, Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial Lembaga Bina bakti Taruba (LKS LB2T) Kalsel, Yuherli, mengatakan diresmikannya Sentra Anyaman Purun dengan Pendampingan Sosial Lanjut Usia ini memberikan peluang usaha kepada para lansia untuk terus meningkatkan kreativitas di usia senjanya.

Terlebih lanjutnya, dengan telah dicanangkannya Pendampingan Program Perawatan Sosial Lanjut Usia di Sasana Krida Karang Taruna (SKKT), maka diharapkan dapat memberdayakan serta memeperhatikan bakat kerajinan yang dimiliki oleh masyarakat terutama lansia, juga bisa meningkatkan hasil perekonomian masyarakat. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only