Sempat 4.000 MG Per Liter, Kini Kadar Garam Sungai Martapura Menurun | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 03 Oktober 2019

Sempat 4.000 MG Per Liter, Kini Kadar Garam Sungai Martapura Menurun


BERITABANJARMASIN.COM - Jajaran struktur PDAM Bandarmasih melaksanakan salat Istisqo bersama karyawan, di Halaman Intake Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kamis (3/10/2019).

Direktur Utama PDAM Bandarmasih Yudha Achmadi, mengatakan hal ini dilakukan sebagai upaya bermunajat kepada Allah SWT, agar hujan semakin sering diturunkan. Mengingat, kemarau berdampak pada berkurangnya kuantitas dan kualitas distribusi air kepada masyarakat.

Bahkan, berdampak pada meningkatnya kadar garam di sungai yang merupakan bahan baku air PDAM Bandarmasin, karena adanya intrusi air laut.
Yudha berharap dengan kemurahan dan kebesaran Allah SWT, hujan yang berkah bisa turun dan kualitas air baku PDAM bisa kembali normal. "Kami berharap kadar garam bisa turun dan kembali normal," ujarnya kepada BeritaBanjarmasin.com.

Kondisi kadar garam saat ini, urainya, kembali mengalami peningkatan, yang sebelumnya berada 1.200mg/l sekarang mencapai 1.400 mg/l. Ini jelas berada di atas ambang batas normal. Kendati demikian, angka tersebut sudah sangat jauh menurun dari angka sebelumnya. Karena kadar garam air sungai sempat mencapai 4.000 mg/l lebih. Sehingga Intake Sungai Bilu pun terpaksa dinonaktifkan sementara. "Alhamdulillah sekarang Intake Sungai Bilu sudah bisa dioperasionalkan lagi dengan mencampur air baku Intake Sungai Tabuk," tutupnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only