Melalui Dongeng Kemanusiaan Tanamkan Jiwa Dermawan Sejak Dini | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 20 Oktober 2019

Melalui Dongeng Kemanusiaan Tanamkan Jiwa Dermawan Sejak Dini

BANJARBARU – “Halo teman-teman, perkenalkan namaku Damai,” sapa Damai, si boneka tangan milik Kak Oni itu dihadapan 277 siswa siswi SDIT Nurul Fikri Banjarbaru pada Jumat (11/10) lalu. 

Sapaan itu disambut riuh. Anak-anak terlihat antusias mendengarkan kisah yang disampaikan oleh Kak Oni. Melalui Damai, Kak Oni bertutur tentang pentingnya peduli kepada sesama. “Kalau ada teman yang kesusahan maka kita harus membantunya yaa,” seru Kak Oni. 

Kak Oni adalah salah seorang relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI). Bersama ACT Kalsel, Kak Oni beraksi melalui dongeng kemanusiaan. “Dengan dongeng kemanusiaan diharapkan bisa membangun rasa empati anak-anak, menggugah sekaligus praktek,” terang mahasiswi Fakultas Ekonomi ULM itu.  

Kegiatan ini sangat didukung oleh Astri Hidayah selaku Kepala SDIT Nurul Fikri. Beliau menjelaskan bahwa penanaman karakter untuk menjadi seorang dermawan harus dimulai dari usia dini. “Karena dengan kegiatan ini para siswa belajar mengaplikasikan apa yang setiap hari mereka lafalkan saat baris-berbaris, yaitu ‘menyayangi sesama manusia’,“ jelas Astri. 

Astri juga menilai kegiatan ini sangat positif, terutama untuk mengasah rasa kepedulian kepada sesama. “Kita hidup tidak sendirian. Maka perlu saling membantu, terutama kepada yang lemah,” imbuhnya.

Keseruan makin terasa karena anak-anak SDIT Nurul Fikri juga mendapatkan masker gratis dari Alifindo Mitra Bersama (AMB) dan susu kotak dari Frisian Flag Indonesia (FFI). “Terima kasih dermawan!” teriak anak-anak SDIT Nurul Fikri di akhir kegiatan. 

Penanggungjawab program Arda Kemal Pramayudha dari ACT Kalsel menuturkan sejak Agustus lalu sudah ada delapan sekolah yang dikunjungi dongeng kemanusiaan ACT. “Isu yang diangkat adalah tentang orang-orang yang terkena musibah bencana alam atau konflik. Misalnya saja seperti kebakaran di Alalak Selatan, konflik di Wamena, hingga pengungsi Palestina,” jelasnya. 

“Kami siap berkolaborasi dengan sekolah-sekolah di Kalimantan Selatan untuk membangun karakter dermawan melalui dongeng kemanusiaan,” pungkasnya.  (Sultan Hasan/ACT)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner