Kelurahan Alalak Selatan Berdayakan Masyarakat Olah Limbah Kayu Jadi Kerajinan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 29 Oktober 2019

Kelurahan Alalak Selatan Berdayakan Masyarakat Olah Limbah Kayu Jadi Kerajinan

BERITABANJARMASIN.COM - Kelurahan Alalak Selatan Kota Banjarmasin bekerja sama dengan lembaga LK3 (Lembaga Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan), menyelenggarakan pelatihan penguatan masyarakat. Bertempat di Aula Kelurahan Alalak Selatan, (28-29/10/2019).

Koordinator tim pemberdayaan LK3, Rakhmalina Bakhriati bertindak selaku fasilitator pelatihan. Dia memperkenalkan sulam pita pada tanggui, dan pemanfaatan limbah kayu ulin untuk gantungan baju.

Objek materi yang disampaikannya menggunakan bahan yang ada di sekitar masyarakat Alalak Selatan. Dimana Tanggui dan limbah kayu disana sangat berlimpah, tidak termanfaatkan dengan baik. "Padahal kalau diolah, akan bernilai ekonomis. Pelatihan ini hanya memberikan rangsangan untuk melihat potensi sekitar agar mampu diolah kembali dan bernilai ekonomis," ujarnya.

Pelatihan penguatan masyarakat ini dilaksanakan selama dua hari, diikuti 20 orang peserta yang sebagian besar perempuan. "Semoga dari pelatihan ini menimbulkan minat menjadi pengrajin, sehingga berbagai bahan berupa kayu yang sangat banyak, dapat dimanfaatkan dengan baik,"terangnya.

Sementara itu Lurah Alalak Selatan, Ahmad Dedi Fermadi, menambahkan bahwa kelurahan memiliki tanggung jawab memberdayakan masyarakat. "Pelatihan ini dalam rangka meningkatkan keterampilan, agar mampu menambah pendapatan. Selain itu, Kelurahan harus mencari produk unggulan, dalam rangka menciptakan potensi wisata," paparnya.

Bersama Tim Pemberdayaan LK3 kata ia, lembaga yang memiliki fasilitator bidang pemberdayaan masyarakat yang cukup terlatih. "Mereka juga memiliki jaringan pemasaran, serta berkomitmen mendampingi masyarakat pasca pelatihan," tutupnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only