Rabu Depan, Golkar Kalsel Buka Pendaftaran Wagub | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Sabtu, 21 September 2019

Rabu Depan, Golkar Kalsel Buka Pendaftaran Wagub


BERITABANJARMASIN.COM - DPD Partai Golkar akan membuka pendaftaran penjaringan wakil gubernur (Wagub) pada Pilgub 2020 mendatang yang dimulai pada 25 September 2019 dan terbuka untuk umum.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu), Supian HK mengatakan dari 13 Kab/Kota membuka Pilkada di 2 kota, 5 kabupaten dan provinsi (Pilgub). Untuk Pilgub di Kalsel Golkar hanya melakukan penjaringan untuk Cawagub.

Disamping itu, Korbid Pemenangan Pemilu Puar Junaidi didampingi Sekretaris DPD Partai Golkar, Adi Kartika mengemukakan pendaftaran Pilgub yang dibuka hanya untuk wakil, karena telah disepakati bersama untuk Cagub sudah ditentukan.

"Khusus untuk Provinsi berdasarkan keputusan Rapimda Golkar 13 Kab/Kota telah memberikan dukungannya untuk Cagub dengan satu calon tunggal, Ketua DPD Partai Golkar Sahbirin Noor," jelasnya, Jumat (20/9/2019) di Banjarmasin.

Berdasarkan Juklak Nomor 6/2016 DPP Partai Golkar menyebutkan apabila Ketua DPD mencalonkan diri dan disepakati di Rapimda maka tidak memberi kesempatan lagi untuk kader lainnya. Hal ini mengartikan sebagai ketua memiliki prioritas di dalam partai.

Penjaringan pendaftaran terbuka untuk umum, selama tidak bertentangan dengan Undang-undang. Selain itu juga dalam rangka pencerminan demokrasi yang sesuai Juklak DPD Partai Golkar. "Kita mulai membuka pendaftaran pada 25 September, jangka waktunya sampai setengah bulanan," terangnya.

Setelah mendapatkan daftar nama calon nantinya tim dari partai akan melakukan evaluasi dan inventarisir guna survei dalam rangka pemenuhan ketentuan Juklak DPD Partai Golkar.

Pihaknya pun tetap membuka kesempatan kepada parpol lain untuk koalisi. "Yang tidak memenuhi ketentuan UU harus melakukan koalisi dengan Partai lain yang memenuhi persyaratan usulan calon yang diusung Parpol," bebernya.

Disinggung mengenai mahar politik, Puar menjelaskan di dalam badan partai tidak terjadi adanya mahar politik melainkan politik murni yang dijalankan sesuai kepentingan partai. Kedepannya pihaknya juga akan melakukan pembinaan, tugas dan fungsi demi kemajuan Partai. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only