Puncak FESyar KTI 2019 Digelar di Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Rabu, 11 September 2019

Puncak FESyar KTI 2019 Digelar di Banjarmasin


BERITABANJARMASIN.COMKalsel dipercaya menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan "Festival Ekonomi Syariah" (FESyar) Kawasan Timur Indonesia (KTI) 2019. Kegiatan akan digelar di Duta Mall Banjarmasin mulai Kamis, (12/9/2019).

Mengambil Tema "Bergerak Bersama Ekonomi Syariah" kegiatan ini merupakan perwujudan dari pilar ketiga cetak biru pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yakni dari sektor penguatan riset, sektor asesmen, dan sektor edukasi. 

Penyelenggaraan FESyar KTI 2019 dijabarkan dalam kegiatan utama, antara lain Seminar dan FGD; Kuliah umum dan Talkshow; Bedah buku, pentas dan lomba seni; Forum bisnis serta pameran/expo; Tabligh akbar; Shari'a Fair yang diikuti 30 UMKM binaan BI KTI. Kegiatan tersebut secara resmi akan dibuka oleh Anggota Dewan Gubernur BI, Ibu Rosmaya Hadi.

FESyar KTI 2019 kali ini merupakan perhelatan FESyar ketiga kalinya setelah dua tahun sebelumnya dilaksanakan di Makassar (2017) dan Balikpapan (2018). Penyelenggaraan FESyar KTI 2019 di Banjarmasin adalah puncak rangkaian pelaksanaan kegiatan dari wilayah KTI.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalsel, Herawanto mengatakan FESyar saat ini yang paling menonjol ada pada UMKM, namun saat 'Business Matching' mulai berjalan maka kata ia, Bisnis besar juga akan terlihat dalam menjalankan transaksi ekonomi syariahnya.

Disamping itu, pencapaian Tahun lalu (2018) KTI mendapatkan 1,7 Teriliun di Balikpapan. "Berharapnya tahun ini bisa mencapai bahkan melebihi tahun lalu. Kita optimis," ujarnya, Selasa (10/9/2019).

Sementara itu, menghadapi gejolak perekonomian global saat ini yang berdampak pada ekonomi nasional sehingga pasar dalam negeri perlu ditingkatkan dalam perekonomian syariah seperti memanfaatkan pasar domestik untuk membantu menopang pertumbuhan ekonomi.

Upaya yang dilakukan BI dalam hal ini seperti memberikan suatu mekanisme berupa teknis produksi sampai tahap pemasaran yang jika berhasil dapat menjadi model sebagai contoh yang baik bagi pelaku usaha ekonomi syariah. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only