Perpustakaan Kalsel Sosialisasikan Sertifikasi Pustakawan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 19 September 2019

Perpustakaan Kalsel Sosialisasikan Sertifikasi Pustakawan


BERITABANJARMASIN.COM - Perpustakaan Daerah Provinsi Kalsel menggelar sosialisasi sertifikasi dan pra sertifikasi bagi pustakawan Provinsi Kalsel guna membahas pentingnya sertifikasi, Selasa (17/9/2019) di  Ballroom Kalimantan, Hotel Ratan Inn Banjarmasin.
  
Kepala Pusat Pengembangan Pustakawan, Opong Sumiati mengatakan kegiatan ini untuk menjelaskan pentingnya sertifikasi bagi pustakawan, dan pemerintah sangat mendorong untuk semua profesi yang ada di Indonesia untuk sertifikasi.

"Pemerintah sangat mendorong dan menggalakan semua profesi yang ada di Indonesia untuk disertifikasi, mungkin saat ini fokusnya masih di barang. Seperti contoh helm yang harus berstandar agar penggunanya nyaman karena sudah terstandar," ucapnya kepada Beritabanjarmasin.com.

"Alhamdulillah perpustakaan nasional RI sebagai instansi pembina, memperhatikan hal ini sejak 2012, diawali dengan adanya dibentuk LSP, kemudian melaksanakan dengan intens setiap tahun," tuturnya.
 
Dalam hal ini ia mengatakan pustakawan atau tenaga perpustakaan tidak hanya 20 unit kompetensi yang di SAK melainkan 120 standar kerja kompetensi nasional Indonesia bidang perpustakaan, dan ini sebagai acuan dari LSP.

"Perlunya sertifikasi menandakan seseorang itu kompeten di bidangnya dengan adanya selembar sertifikat kompetensi yang diterbitkan LSP yang dalam hal ini lembaga yang dipercaya untuk menerbitkan sertifikasi, menandakan orang tersebut memang kompeten," jelasnya.

Lanjutnya, pustakawan sudah tersertifikasi tentu akan banyak mendatangkan manfaat baik untuk dirinya sendiri tetapi juga akan mengangkat lembaga yang bersangkutan.

Sementara itu Sekretaris Dispersip Kalsel, M Ramadhan mengatakan untuk tahun kemarin yang mengikuti sertifikasi yaitu Laila dan Sauki pustakawan dari UIN. "Insya Allah tahun depan kita akan melakukan sertifikasi terhadap pustakawan di Kalsel yang dua tahun ini sudah bergerak," ujarnya. (fitri/puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only