Parade Perahu Katinting, Lestarikan Transportasi Sungai di Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 02 September 2019

Parade Perahu Katinting, Lestarikan Transportasi Sungai di Kalsel

 

BERITABANJARMASIN.COM - Dalam rangka menjaga kearifan budaya dan melestarikan sungai, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel melaksanakan Lomba Perahu Katinting, pada Sabtu (31/8/2019).

Diikuti sebanyak 100 peserta, lomba ini dilaksanakan di Sungai Martapura. Dengan rute antara Lokbaintan hingga Taman Siring Menara Pandang. Kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Olahraga Nasional di Provinsi Kalsel yang akan diselenggarakan pada tanggal 8-9 september mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, Hermansyah berharap kegiatan ini menjadi agenda yang akan dirutinkan sehingga bisa menjadi sarana untuk membangkitkan olahraga di Kalsel, sekaligus pariwisata yang ada di Kalsel. "Mudah-mudahan agenda ini bisa kita rutinkan sehingga menjadi sarana untuk membangkitkan olahraga di Kalsel dan juga pariwisata di Kalsel khususnya di Banjarmasin," ucapnya.

Hermansyah juga mengatakan sebelumnya pernah dilaksanakan hanya saja berupa balapan. Hasil keputusan rapat dengan tim balapan memiliki risiko seperti terbalik, dan sebagainya. Sehingga pada hari ini dirubah menjadi parade dengan menghias jukung-jukung mereka agar menjadi bagus dan menarik.

Salah satu peserta lomba parade perahu mesin (Katinting), Salmani dari Desa Pinang Baru Kecamatan Sugai Tabuk Kabupaten Banjar berharap kegiatan ini terus berlanjut untuk menghidupkan perahu katinting yang ada di daerahnya. "Mudahan acara seperti ini terus berlanjut dari tahun ketahun untuk menggidupkan perahu katinting didesa-desa kami yang ada di Sungai Tabuk ini," ujarnya. 

Perahu kelotok menjadi transportasi utama didesanya yang berada di Sungai Tabuk. Saat warga bepergian ke sawah, ke pasar, bahkan untuk acara keagamaan warga memanfaatkan perahu katinting. "Soalnya ini yang utama transportasi kami jadi harapannya untuk melestarikan katinting yang ada di daerah pesisir Sungai Martapura khususnya daerah Sungai Tabuk," pungkasnya.

Juara Lomba Perahu Mesin (Katinting) berhasil direbut oleh perahu dengan nomor kelotok 076 berhasil meraih juara lima, nomor 012 juara empat, nomor 022 juara tiga, nomor 037 juara dua, dan juara satu dengan nomor perahu 038.

Selain lomba perahu katinting, dalam meriahkan Hari Olahraga Nasional. Juga akan digelar festival kuntau tingkat Provinsi Kalsel pada tanggal tiga dan empat, kemudian pemecahan rekor muri karateka tanggal delapan, goes nusantara tanggal delapan dan malam puncak ada dimeriahkan oleh artis nasional, acara akan dipusatkan disiring menara padang. (Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner