Tuan Rumah LDBI, Kalsel Siapkan Kompetensi Anak Hadapi Tantangan Pembelajaran Abad XXI | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 16 Agustus 2019

Tuan Rumah LDBI, Kalsel Siapkan Kompetensi Anak Hadapi Tantangan Pembelajaran Abad XXI


BERITABANJARMASIN.COM - Dipercaya jadi tuan rumah Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) National School Debating Championship (NSDC) tingkat nasional jenjang SMA tahun 2019, Kalsel siapkan kompetensi anak hadapi tantangan pembelajaran abad ke-XXI.

Kegiatan dibuka langsung orang nomor satu di Kalsel, Sahbirin Noor, Kamis (15/8/2019) di Gedung Chandra Jalan Belitung Darat RT17 Kuin Cerucuk, Banjarmasin.

Gubernur Kalsel,S Noor dalam kesempatan wawancara bersama awak media mengutarakan sangat menyambut baik hal tersebut. Dirinya mengatakan hal ini merupakan penghargaan bagi Kalsel sendiri.

"Kita meriahkan lagi dan kita gelorakan biar ini bisa menjadi contoh dan teladan bagi kegiatan-kegiatan kita yang lainnya bahwa yang paling penting yang harus diterapkan ialah bahwa kita mampu menyelenggarakan ini di Kalsel," ucapnya kepada Beritabanjarmasin.com yang ditemui usai acara.

Peserta kegiatan merupakan perwakilan dari 34 provinsi yang ada diseluruh Indonesia yang telah melalui tahapan seleksi di tingkat sekolah, kabupaten, dan provinsi yang berjumlah 102 peserta dengan total jumlah peserta 204.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel HM Yusuf Effendi mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi anak-anak sesuai dengan tantangan pembelajaran abad ke-XXI, yaitu berfikir kritis, kreatif, komunikatif dan korporatif.
 
"Tentunya hal ini untuk memperluas wawasan para peserta didik agar mampu bersaing secara kompetitif dan berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris," tuturnya.

Dalam hal ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy menuturkan akan memfasilitasi seluruh bakat dan minat mulai dari olah fikir, olah rasa, olah raga, dan kreativitas, seperti berfikir kritis, inofatif, kolaboratif, dan komunikatif.

Lanjutnya ia mengatakan bahwa saat ini Indonesia memiliki 4,26 juta siswa SMA, dan mereka merupakan generasi milenial dan generasi yang sangat hebat. "Insya Allah kita mulai persiapkan anak-anak kita agar memiliki kompetensi-kompetensi hebat di masa yang akan datang,"tutupnya.

Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Nasional Scool Debating Championship (NSDC) tingkat  nasional jenjang SMA sendiri diselenggarakan dimulai tanggal 14-20 Agustus 2019 di SMA Ukhuwah Banjarmasin untuk debat periode satu, dua, dan tiga. Sedangkan untuk periode empat dan lima akan diselenggarakan di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Final sendiri akan digelar di Hotel Ratan inn Banjarmasin. (fitri/puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner