Kepala Ombudsman Kalsel Dukung Gemarlap Banjar | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Selasa, 27 Agustus 2019

Kepala Ombudsman Kalsel Dukung Gemarlap Banjar


BERITABANJARMASIN.COMGerakan Masyarakat Lapor (Gemarlap) Kabupaten Banjar diluncurkan di alun-alun RTH Zalecha Martapura. Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kabupaten Banjar, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Banjar dan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel, Senin (26/8/2019).

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel, Noorhalis Majid sebagai narasumber tamu pada dialog tersebut, menyampaikan dukungan dan apresiasiasinya atas Gemarlap yang dilakukan. Dalam hal ini Kominfo Kabupaten Banjar. Dikatakannya partisipasi kata merupakan suatu keniscayaan, karena tidak mungkin pembangunan tanpa partisipasi. LAPOR kata ia memerlukan partisipasi, sehingga masyarakat menjadi bagian dari pembangunan, termasuk di dalamnya pelayanan publik. Tingginya partisipasi masyarakat, akan mampu mendorong perbaikan pelayanan publik.

Jumlah laporan yang banyak tidak menunjukkan pelayanan publik buruk, namun menggambarkan tingginya apresiasi dan ekspektasi atau harapan masyarakat. "Jangan kecewakan harapan masyarakat yang ingin pelayanan publiknya berkualitas, karena itu respon atas laporan sangat penting," terangnya.

Noorhalis juga menyoroti soal kecepatan respon SKPD pelayanan publik yang dilaporkan. Dimana tahap awal, kecepatan respon sangat dibutuhkan. Tahap berikutnya kualitas dari isi respon, sehingga tidak sekedar kata-kata, namun terbukti pelayanan publik memang diperbaiki. "Kualitas respon menunjukkan bahwa pemerintah memang melakukan reformasi birokrasi, merubah perilaku birokrasi menjadi melayani dan siap memberikan pelayanan terbaik," paparnya.

Disamping itu, Sekda Kabupaten Banjar yang baru saja dilantik, DR HM Hilman, menyampaikan dukungannya terhadap Gemarlap yang dilakukan Kominfo Kabupaten Banjar. Sejumlah kebijakan dan anggaran akan disediakan, sehingga gerakan ini benar-benar sampai pada masyarakat paling bawah, supaya partisipasi semakin meningkat. Sumber daya manusia juga akan ditingkatkan. Pelatihan dan bimbingan teknis agar cakap dalam menindaklanjuti laporan diperlukan bagi pengelola lapor di semua SKPD.   

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Banjar, DR HM Farid Soufian, meminta agar semua pejabat penghubung di semua SKPD untuk cepat merespon bila masyarakat sudah ramai mengakses LAPOR. Pihaknya sudah launching LAPOR, yang nantinya akan banyak orang lapor. Kecepatan merespon, bukti bahwa memberikan perhatian atas keluhan masyarakat. LAPOR adalah cara agar masyarakat mudah menyampaikan keluhan dan apresiasi terhadap pembangunan. Bila respon lambat maka masyarakat akan kecewa, kata dia.

Dialog diakhiri dengan penandatanganan dukungan GEMARLAP oleh seluruh peserta yang hadir, termasuk oleh Ombudsman RI Perwakilan Kalsel. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only