PSKM FK ULM Gelar Kuliah Tamu Penggunaan Data Sekunder | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 29 Juli 2019

PSKM FK ULM Gelar Kuliah Tamu Penggunaan Data Sekunder


BERITABANJARMASIN.COM - PSKM Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema “Penggunaan Data Sekunder dalam Penelitian Kesehatan di Lingkungan Lahan Basah” di Gedung Theater, FK ULM, Kota Banjarbaru, Jumat (26/07/2019).

PSKM FK ULM mengundang pembicara dari Universitas Indonesia (UI), yakni DR Sabarinah Prasetyo. Dalam kesempatan tersebut, DR Sabarinah menyebutkan beberapa tulisan yang telah menggunakan data sekunder dan telah dimuat  pada jurnal nasional terakreditasi.

Salah satunya berjudul “Tingkat Fertilitas di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Yogyakarta,” karya Rahmadewi. Menggunakan data sekunder sama baiknya dengan menggunakan data primer.

Menurut dosen asli Jakarta ini, data sekunder lebih hemat dari segi penggunaan dana, waktu dan tenaga. Serta sumbernya dapat berasal dari data resmi yang dikumpulkan oleh pihak pemerintah, institusi, kantor dan badan non pemerintah.

Selain itu, juga dapat bersumber dari laporan teknis riset, jurnal ilmiah, artikel telaah pustaka, dan data transaksi misalnya data pasien dalam rekam medik. Data mentah riset yang sudah dilaporkan oleh institusi riset atau universitas dan data mentah dari search engine secara online, juga dapat menjadi sumber data sekunder untuk penelitian kesehatan.

Tak hanya tentang data sekunder, Wakil Dekan I Bidang Akademik UI ini juga menjelaskan tentang kriteria masalah dalam penelitian. Menurutnya, masalah merupakan jantung dari sebuah penelitian dan bisa dirumuskan dari besarannya contoh prevalensi dan fatality rate, dampak dan tren yang meningkat dari masa ke masa.

Kuliah tamu tersebut diselenggarakan untuk mengasah kemampuan mahasiswa memaksimalkan data sekunder. Hal ini dipertegas oleh Hadrianti Lasari selaku ketua panitia.

“Harapannya, mahasiswa mampu menghasilkan luaran karya ilmiah seperti skripsi dan artikel kesehatan khususnya di lingkungan lahan basah yang siap publis di jurnal nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Musafaah selaku Kepala Departemen Biostatistik PSKM FK ULM mengatakan, dengan adanya kuliah tamu ini, ia berharap mahasiswa tidak lagi kesulitan dalam merancang dan menulis penelitian kesehatan, apalagi penelitian tentang lingkungan lahan basah.

Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 94 peserta dari kalangan mahasiswa dan 14 dosen PSKM FK ULM. Acara tersebut juga dihadiri Ketua Prodi PSKM FK ULM, Fauzie Rahman. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only