Kemenkum HAM Ajak Warga Tabalong dan Balangan Berdialog tentang Kewarganegaraan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 10 Juli 2019

Kemenkum HAM Ajak Warga Tabalong dan Balangan Berdialog tentang Kewarganegaraan

Foto: istimewa.
TANJUNG - Kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (selanjutnya Kemenkum HAM) kembali menggelar Sosialisasi Layanan Kewarganegaraan bertempat di salah satu hotel di Kabupaten Tabalong, Selasa (9/07/2019).

Menghadirkan Kepala Seksi Kehilangan Kewarganegaraan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maryatun, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Subianta Mandala.

Dibuka langsung oleh Ferdinand Siagian, orang nomor satu di Kemenkum HAM tersebut mengingatkan begitu pentingnya status kewarganegaraan karena akan berimplikasi pada hak dan kewajiban sebagai subjek hukum.

Analis Keimigirasian Ahli Utama tersebut juga bercerita bagaimana masifnya pemerintah menerima pencari suaka di Indonesia mencapai ratusan ribu orang. "Dari Iran hingga Afganistan sekarang mencari suaka," terangnya.

Senada dengannya, Subianta mengatakan status Kewarganegaraan juga bukan hanya berimpilkasi pada status di KTP, namun pula menjadi faktor penting. "Dalam ilmu kenegaraan unsur-unsur negara salah satunya kan adanya warga negara," jelasnya kepada hadirin.

Selain itu, jebolan magister hukum Universitas Melbourne, Australia tersebut juga berharap kepada hadirin yang hadir agar memberikan pehaman yang sama kepada masyarakat. "Perlu ada penguatan sinergis lebih lanjut antara Kantor Wilayah, Imigrasi, Dinas pencatatan sipil, dan para pihak terkait karena banyaknya publik kebingungan misalnya apabila terjadi kawin campuran antara warga negara Indonesia dan Warga Negara Asing untuk status sang anak," tukasnya.

Senada dengannya, Maryatun memberikan penjelasan lebih detil mengenai pendaftaran kewarganegaraan yang sekarang bisa di akses melalui internet. "AHU sudah mengembangkan aplikasi SAKE (sistem administrasi kewarganegaraan)," katanya.

Melalui SAKE, menurutnya dari pendaftaran hingga verifikasi dilakukan secara online jadi semua pihak bisa memantau perkembangan sehingga masyarakat di daerah tak perlu jauh-jauh datang ke Jakarta.

Aswal Salahudin  Camat Batumandi Kabupaten Balangan mengapresiasi langkah Kemenkum HAM yang menggelar sosialisasi hingga ke banua anam (sebutan untuk wilayah gabungan enam kabupaten yang meliputi sepertiga Kalimantan selatan). “Memang di daerah masih banyak yang belum paham mengenai hal tersebut,” ungkapnya.

Adapun instansi yang berhadir pada kegiatan tersebut diantaranya aparat pemerintah Desa; Kelurahan; Kecamatan, hingga Kabupaten yang berada di Tabalong dan Balangan dan para penegak hukum. (ayo/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner