Kadinsos Banjarmasin: Laporkan Jika Ada Warga Mampu, Namun Tetap Terima Bansos | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 19 Juli 2019

Kadinsos Banjarmasin: Laporkan Jika Ada Warga Mampu, Namun Tetap Terima Bansos

ilustrasi: voxntt
BERITABANJARMASIN.COM - Sekitar 700 kepala keluarga se-Banjarmasin mengajukan permohonan bantuan sosial ke Dinas Sosial Kota Banjarmasin.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Banjarmasin, Iwan Ristianto, Kamis (18/7/2019). Ratusan warga tersebut merupakan keluarga yang kurang mampu, untuk bisa masuk kedalam update Basis Data Terpadau (BDT) pada anggaran 2019/2020.

Iwan juga menjelaskan, pengajuan tersebut merupakan salah satu prioritas bagi Dinas Sosial. Kemudian dilakukan perbaharuan data yang belum lengkap.

Menurutnya, dengan banyaknya jumlah pengajuan yang masuk,  tidak memungkinkan melakukan verifikasi ulang secara keseluruhan, akibat keterbatasan SDM dan biaya. "Tidak bisa dilakukan secara langsung. Peran serta masyarakat untuk menginfokan kepada kami terkait hal yang mencakup BDT sangat diperlukan," ujarnya.

Warga yang tidak mampu juga bisa melaporkan jika ada warga mampu yang malah masuk dalam database. Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Sosial Banjarmasin, data BDT penerima Bansos tahun 2018 lalu diperoleh persentasi tingkat ketepatan sasaran bansos senilai 80 persen. "Sekitar 80% lebih persentasenya, sebab kita selalu berusaha mengupdate BDT dengan berbagai cara," tegasnya.

Rencananya Dinas Sosial Banjarmasin menjadwalkan di Agustus 2019, melaksanakan Musyawarah Kelurahan (muskel) untuk usulan keluarga miskin dari masing-masing RT melalui kelurahan, agar mendapatkan data BDT terbaru dari tiap kelurahan. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only