Begini Hasil Pengamatan Hilal di Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Selasa, 04 Juni 2019

Begini Hasil Pengamatan Hilal di Banjarmasin


BERITABANJARMASIN.COM - Kanwil Kemenag Kalsel telah melakukan pemantauan hilal, Senin (3/5/2019) petang. Hasilnya, Idul Fitri 1440 Hijriah ditetapkan jatuh pada Rabu (5/5/2019).

Hal ini juga telah ditetapkan Kemenag RI melalui sidang Isbat tadi malam. Kepala Kemenag Kalsel, Noor Fahmi dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Indonesia otoritas penentuan 1 Syawal ada pada Kemenag dengan perangkat sidang Isbat.

"Agar umat Islam lebih tenang, mengetahui lebih jelas, memupuk kebersamaan dalam ukhuwah Islam dan terakhir sebagai bahan Isbat nasional," katanya kepada BeritaBanjarmasin.com, saat mengikuti pengamatan hilal di atas gedung Bank Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Di Kalsel sendiri, kata dia, pengamatan hilal dilakukan di beberapa tempat. Di Kota Banjarmasin, Tanah laut dan Kotabaru. Dirinya juga mengimbau dalam perayaan Idul Fitri agar saling memaafkan, menjalin tali silaturahmi, pererat persaudaraan dengan napas islam dan iman dengan menjaga perdamaian dan menjaga keharmonisan.

Berdasarkan data Kanwil Kemenag Kalsel Kondisi hilal menjelang Syawal untuk daerah Kalimantan Selatan Ijtimak pada 3 Juni 2019 pukul 18.02 WITA, Azimut Matahari 292°17'04''. terbenam matahari pukul 18.18 WITA.

Kegiatan Rukyatul Hilal ini diikuti oleh 34 orang peserta dari tim Hisab Rukyat Kemenag Kanwil Kalsel dan 15 orang peserta dari Kantor Kemenag Kota Banjarmasin. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only