Bukber Tanpa Sampah Plastik, Kayapa Setuju Haja Lah Pian? | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 10 Mei 2019

Bukber Tanpa Sampah Plastik, Kayapa Setuju Haja Lah Pian?


BERITABANJARMASIN.COM - Kota Banjarmasin saat ini sedang diet-dietnya sampah plastik. Penanganann dengan cara sosialisasi juga dilakukan pemerintah untuk mengurangi penggunaan plastik dengan cara beralih ke bahan yang lebih ramah lingkungan. Seperti Ramadhan sekarang, yang ditemukan banyak penggunaan plastik baik sebagai bahan pembungkus takjil atau sebagai tempat makan dan minum.

Dalam hal tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengeluarkan ajakan berupa poster berisi tips Ramadhan ramah lingkungan. Lalu seperti apa ajakan tersebut?

Dijabarkan dalam poster tersebut, pertama ajakan kepada masyarakat membawa wadah/tempat sendiri misal saat membeli gorengan, es teh Dll. Kedua buat panitia buka bersama hindari pakai nasi kotak/bungkus, dimana lebih baik menggunakan prasmanan.

Tips ketiga habiskan makanan dimana makanan yang tidak habis (sisa) akan menjadi sampah. Kemudian tips keempat bawa kantong belanja kain saat beli bahan masakan. Terakhir naik transportasi umum dimana dampak positifnya bisa kurangi polusi dan hemat energi.

Wina, salah satu warga Kota Banjarmasin menuturkan tips Ramadhan tersebut bermanfaat untuk kebersihan lingkungan. "Iya bagus sih untuk lingkungan, tapi belum bisa semuanya diamalkan seperti beli gorengan belanja kecil kecil gitu masih pakai kantong plastik. Kalau wadah minum sudah membiasakan bawa wadah minum sendiri kek tumbler gitu," tuturnya, Kamis (9/5/2019).

Selain itu ditemui di tempat yang sama, Iki dipanggilnya mengatakan pada Bulan Ramadhan sering berbuka bersama menggunakan nasi kotak/bungkus. "Jarang kalau prasmanan, itu kecuali ada diagendakan terlebih dulu, sepakat sih dengan tipsnya tapi belum bisa semuanya dilakukan," ucapnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only