Beri Ruang Musisi Daerah, Taman Budaya Kalsel Rancang Pagelaran Musik Tradisional | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 18 Mei 2019

Beri Ruang Musisi Daerah, Taman Budaya Kalsel Rancang Pagelaran Musik Tradisional

Kepala UPTD Taman Budaya Kalsel, Suharyanto.
BERITABANJARMASIN.COM - Taman Budaya Kalimantan Selatan bakal menggelar pagelaran musik tradisional yang melibatkan sembilan UKM se-Kalsel, Juli 2019. Ini disampaikan Suharyanti, Kepala UPTD Taman Budaya Kalsel, Sabtu (18/5/2019).

Suharyanti berujar ini adalah salah satu upaya Taman Budaya dalam mendukung seni dan budaya yang ada di Kalsel dan memberi ruang bekarya bagi musisi daerah. "Kita memberikan kesempatan kepada komintas-komunitas yang mempunyai karya," ucapnya kepada BeritaBanjarmasin.com.

Diakui Suharyanti jika kendala dalam memajukan musik tradisional ini adalah dalam segi promosi atau ekpsos. Jika dibanding dengan musik tradisional lain seperti Jawa, menurutnya Kalsel memang ketinggalan cukup jauh. Kita memberi peluang supaya seniman bisa berkarya lebih berkembang lagi.

Untuk itu, Suharyanti berujar memajukan gamelan mengombinasi antara tradisi dan modern yakni antara musik pentatonis dan diatonis yang diakuinya belum menyatu secara nada.  "Jadi bisa kolaborasi musik pentatonis dan diatonis," tuturnya.

Suharyanti juga menuturkan seniman dan masyarakat Kalsel memang harus berjuang lebih keras agar bisa dikenal dan diakui. "Minimal kita jangan berdiam diri," tutupnya. (puji/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only