Warganet Heboh, Kakek di Kalsel Temukan Jamur Unik | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 21 April 2019

Warganet Heboh, Kakek di Kalsel Temukan Jamur Unik


BERITABANJARMASIN.COM - Beberapa waktu lalu warganet dibuat kagum oleh temuan seorang kakek di Kalsel, yakni jamur dengan bentuk unik serta indah. Berwarna putih dipadu-padan dengan coklat di atasnya memang seperti warna jamur pada umumnya.

Namun, bentuk jamur yang mengerucut di atas dan terdapat bak sarung jala atau rok pengantin putih menutupi bagian tangkai menambah kecantikan dan keunikan jamur ini.

Pemandangan ini terlihat dari postingan akun @wargabanua pada 20 jam yang lalu ini begitu mendapat respon kegaguman dari warganet yang melihat. Terbukti, belum dua puluh empat jam postingan tersebut telah mendapat like sebanyak 15.200 likes dan 556 komentar.

Terdapat banyak sebutan untuk jamur satu ini. Terlihat  komentar dari warganet. Komentar kagum juga ditulis oleh akun @gilangarifan "baik lih kaya boneka gaun pengantinan".

Dilansir dari alamendah.blogspot.com jamur ini dinamakan Jamur Tudung Pengantin.  Jamur ini memiliki jaring-jaring halus yang membentuk layaknya tudung pengantin wanita atau bahkan tampak seperti wanita berkerudung atau rok wanita.

Nama latin jamur ini adalah Phallus indusiatus Vent. Nama ‘indusiatus’ sendiri diambil dari bahasa Latin yang memiliki arti ‘mengenakan pakaian dalam’.

Terdapat dua varian atau jenis jamur Phallus indusiatus ini. Yaitu yang memiliki tudung berwarna putih dan tudung berwarna jingga. Dapat tumbuh baik di daerah yang bersuhu sekitar 25-30 derajat celsius pada tempat-tempat lembab dan di sekitar semak-semak hingga hutan. Juga kerap kali ditemukan tumbuh di daerah sekitar pemukiman hingga kota sekalipun.

Menurut Jonathan SG, Odebode AC, Bawo DDS dalam World Journal of Agricultural Sciences 4 (2008), Jamur Tudung Penganting (Phallus indusiatus) mengandung selain mengandung lemak dan protein, juga kaya akan kalsium, zat besi, magnesium, mangan, kalium, sodium, dan seng. Phallus indusiatus juga mengandung berbagai senyawa bioaktif, dan memiliki sifat antimikroba dan antioksidan. (puji/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner