Umaa Lah! Rumput Liar Ini Bisa Jadi Pengganti Sedotan Plastik | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 09 April 2019

Umaa Lah! Rumput Liar Ini Bisa Jadi Pengganti Sedotan Plastik

Sedotan dari rumput liar

BERITABANJARMASIN.COM - Lepironia Articulata atau yang sering disebut dengan purun danau kini menjelma menjadi salah satu sedotan pengganti sedotan plastik yang ramah lingkungan.

Siapa yang pernah menyangka bahwa salah satu tumbuhan yang termasuk ke dalam jenis rumput liar ini bisa menjadi alternatif pengganti sedotan plastik.

Seperti yang kita tahu, di Indonesia didapati 93 juta sampah sedotan plastik setia harinya. Jika didiamkan kondisi ini tentu saja akan menyebabkan pencemaran lingkungan terutama di perairan.

Purun danau (Lepironia articulata) adalah sejenis rumput anggota suku teki-tekian (Cyperaceae) yang sering dimanfaatkan sebagai bahan anyam-anyaman. Rumput ini tumbuh di paya atau rawa-rawa. 

Fenomena ini tentu menjadi viral di akun media sosial Instagram setelah akun @hebohdotcom mengunggah informasi ini pada 1 hari yang lalu dan mendapatkan likes dari warganet sebanyak 3.230 likes.

Tak sedikit warganet yang takjub dan tidak menyangka tumbuhan liar ini dapat digunakan sedotan minuman. Seperti komentar yang ditulis oleh akun @diaz.sk8 yang menuliskan, "bagus nih buat mengurangi sampah plastik di Indonesia," katanya..Komentar lain dituliskan akun @elisa160219 yang berkomentar "ramah lingkungan sekali".

Di Banjarmasin sendiri, penggunaan sedotan berbahan alami ini juga pernah dicoba. Apalagi saat ini Pemkot Banjarmasin mulai mengimbau kepada rumah makan dan kafe untuk tak menggunakan sedotan plastik. (puji/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner